5 Terbaik selama 5 Bulan Terakhir

Gak terasa ya sudah memasuki bulan ke-6 tahun 2021. Postingan kali ini masih membahas soal buku dan bacaan. Entah apakah ini akan menjadi segmen baru yang akan di post setiap tahunnya atau tidak, yang pasti gue berniat untuk memberi suasana lain dalam blog. Salah satunya adalah konten yang akan gue posting hari ini. 

Bermula dari pertanyaan sederhana yang sempat dilontarkan oleh salah satu kawan di twitter yaitu kak Safa. Sebelumnya, Ada yang sudah pernah denger namanya? Kak Safa cukup dikenal dan aktif dalam lingkup dunia literasi/perbukuan. Kak Safa juga pemilik dari klub buku online bernama Midnight Reading Club yang diselenggarakan rutin setiap hari Jumat. Buat yang ingin tau informasi lanjut soal klub buku kak Safa bisa kunjungi langsung akun twittermya dengan username @.safaracathasa


Nah lanjut ya. Jadi, kak Safa waktu itu sempat bertanya. Kurang lebih seperti ini pertanyaannya; buku terbaik apa yang sudah teman-teman baca selama 5 bulan terakhir di tahun 2021. Baik fiksi maupun non-fiksi. Pertanyaan yang sederhana tapi tiba-tiba aja gue tersentak ingin membuat pertanyaan ini menjadi postingan khusus dalam blog. Semacam rekap bacaan terbaik per 5 bulan di pertengahan tahun, yap kira-kira seperti itu πŸ˜


Kalo mau jujur, sebetulnya gue termasuk tipe pembaca yang agak susah buat milih buku-buku terbaik atau terfavorit. Soalnya semua buku yang udah gue baca punya ciri khas dan kelebihan masing-masing, jadi ya semua cerita bagus menyesuaikan selera. Tapi diantara semua buku itu tentu ada yang memiliki kesan lebih dan kelekatan pribadi. 


Gue juga gak mau terpaku dengan kategori terbaik atau terfavorit. Berusaha tetap netral kepada semua buku yang sudah dibaca, hanya saja mereka seperti mendapat tempat lebih di hati gue sebagai pembaca #halah ✌🏻


Biasanya (untuk gue) tanggapan seperti ini lah yang mewakili kategori tersebut; 


“ini buku paling ngena, gaya penulisannya ngalir, ceritanya gue banget!  paling greget, feelnya kerasa, after effectnya bikin gue kepikiran dan makin semangat baca buku yang lain, sangat page turning dan berkesan” 


Sebelum masuk ke dalam hidangan utama (lama banget mulainyaπŸ˜†). Selama 5 bulan penuh gue sudah membaca sebanyak 26 buku. Loh ternyata udah segini jumlahnya hahaha. Daripada itu semakin kesini gue berusaha untuk gak mikirin seberapa banyak buku yang udah dihabiskan, alasannya simpel aja, karena bukan itu tujuan gue membaca buku.


Oke daripada gue kebanyakan basa-basi. inilah 5 buku terbaik versi Reka selama bulan Januari-Mei 2021. Daftar termasuk jenis buku fiksi dan non-fiksi. 


    Non-Fiksi

Semua Orang Butuh Curhat (Lori Gottlieb)

Man’s Search for Meaning (Viktor E. Frankl) 



    
Fiksi

Rahasia Hati (Natsume Soseki)
Tokyo Zodiac Murder (Soji Shimada)

The Stranger (Albert Camus) 



2 buku nonfiksi diatas memang memiliki efek melekat setelah selesai membacanya. Buku Lori Gottlieb dapat memikat buat gue pribadi karena topik yang diambil dalam buku cukup dekat dengan konflik yang dialami setiap orang. Gimana caranya manusia menyelesaikan masalah, apa yang harus dilakukan, dsb. Bahwa melalui “curhat” atau konsultasi setidaknya manusia dapat merefleksikan dan memahami lebih dalam soal masalah yang sedang dialami. Bukan mengabaikannya apalagi mengubur masalah tersebut. 

Secara keseluruhan buku-buku terbaik yang gue pilih adalah buku yang berkesan secara mendalam dan ingin dibaca ulang. Tadinya bingung banget untuk memilih antara second sister atau tokyo zodiac murders. Mikir panjang karena sempet diskusi sama pengikut buku Second sister, yaitu Peri kecil Lia πŸ‘€. Nyatanya gue masih gak bisa lepas dari cerita misteri semacam Tokyo zodiac murders (mirip balas dendam). Setelah mengingat-ingat kembali bagaimana kedua buku ini bercerita oke keputusan akhirnya gue memilih karya dari Soji Shimada. 


Sepertinya karena gue berhasil dibuat kagum oleh kelihaian otak sang pelaku dalam membuat rencana pembunuhan. Belom lagi prolog dalam buku yang sudah membuat gue penasaran sampai tingkat ingin menghabiskan bukunya di hari itu juga.  


Di lain waktu bisa aja daftar buku diatas berubah karena beberapa alasanπŸ˜†



γ…Žγ…Ž

Demikian postingan gue hari ini. Lega banget setelah beberapa minggu rasanya otak tuh kayak numpuk dengan pikiran-pikiran yang gak karuan. Tapi setelah akhirnya bisa mengeluarkan ide tulisan yang udah gue rencanain dari 2 minggu lalu, efeknya benar-benar terasa plong dan mood bisa kembali stabil. 


Anyway gue juga sudah membahas buku-buku yang telah dibaca selama periode Januari-April dalam blog Haloreka. Tautan linknya ada di bagian paling bawah, selamat membaca!!  

Jadi, gimana dengan 5 bulan kalian bersama buku bacaanmu? πŸ˜ƒ




Link terkait:

Comments

  1. Kak Reka, aku lupa waktu itu jawabannya apa 🀣 tapi kayaknya aku ada sebut Second Sister karena aku penyembah N(?) #plakk. Oh sama Earthlings, ini buku bagus nan absurd endingnya, tapi karena absurd jadi berkesan untukku wkwk.
    Man's Searching For Meaning belum selesai dong aku bacanya gara-gara Rakata-nya error 😀
    Anyway, The Stranger covernya lucu bangetttt yak 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ingat kamu menyebutkan Earthlings sih Lii, selebihnya aku juga gak inget πŸ˜…. Sumpah aku jadi kepo beneran sama buku inii Lii, pengin minta di bongkar aja ceritanya sama kamu.

      Heee di iPusnas ngantri panjang ya wkwkk. Tapi masih eror juga kah sampe sekarang??

      Iya lucu banget kan! Itu terbitannya dari shiramedia Lii. Makanya aku pake cover yang ini ;3

      Delete
    2. Mau aku bisikin ceritanya lewat email, Kak? Wkwk.

      Iya, panjang banget meskipun kayaknya nggak sepanjang Filosofi Teras 🀣. Aku belum coba download Rakata lagi karena masih sakit hati(?)

      Lucu bangettt. Kak Reka bacanya buku fisik?

      Delete
    3. Boleh banget Liii..nanti aku tanya lewat email ya hahaha

      Aku barusan cek rakata punyaku, dan dua buku yang udah dibeli juga gak ada Lii πŸ˜‚, padahal satunya buku Ruwi meita hikss.

      Digital Lii..tadinya mau beli yang covernya ini tapi kutahan dulu buat gak beliπŸ˜…, menggoda sih memang covernya tuuh.

      Delete
  2. Tahun ini ngga ngitung sudah baca berapa buku. Tapi Angsa Liar karya Mori Ogai salah satu karya terbaik yang saya baca tahun ini.

    Sejauh yang saya ingat, dari kelima buku diatas belum ada yang saya baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Angsa Liar penerbit mooi kah? Buku ini sempat jadi salah satu buku yang mau dibaca jugaa.

      Delete
  3. Waah ternyata Reka juga temenan sama Safa nih wkwkwk, sering ikut MRC nya gak? Aku beberapa kali daftar dan kayaknya yang ikut beneran cuma 2 kali deh hahaha karena sisanya lupa alias udah bablas ketiduran duluan wkwkwk

    Emang ya Tokyo Zodiac Murder itu bikin pusing pembaca tapi juga bikin aku kagum banget sama Soji Shimada, kok bisa dia bikin buku segitu memusingkannya terus enggak bisa ditebak lagi tentang kasusnya ini (apa aku doang yak ini hahaha)

    Btw bravo sekali Reka! Udah baca 26 buku ajaaa kerennn πŸ‘ cuss lanjutkan terus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah mba wkwkk..baru sempat liat kegiatannya aja lewat medsos πŸ˜…. Jam acaranya juga kurang pas buat aku sih kadang ketiduran dan lupa.

      Nah! Betul sekali. Aku gak kepikiran sih kok penulis bisa bikin cerita gimana si pelaku merencanakan semua rencana pembunuhannya sampe sedetail dan seniat itu, aku baru nemu misteri sampe segininya banget mba makanya kagum sama Soji shimada πŸ‘πŸ»

      Haha. Semoga semangatnya bisa berlanjut sampai akhir tahun😁


      Delete
  4. *Buru-buru intip The StoryGraph*

    Lima bacaan terbaik selama lima bulan terakhir versiku sepertinya buku-buku ini; The House in the Cerulean Sea, Kitchen, Honey Girl, In The Dream House, & Titanic Survivor.

    Senang sih melihat 3 buku favoritku juga ada di daftar Reka ini hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Honey girl sempat dibahas sendiri lewat blog mba Farah ya. Kitchen! Semoga aku bisa segera membaca buku ini juga 😌

      Terima kasih untuk mba Farah, sejauh ini buku-buku yang mba Farah rekomendasikan juga cocok untukku 😁

      Delete
  5. Baca ini otomatis mikir apa yaaa 5 buku yang terbaik aku baca Selama 5 bulan ini πŸ€” Salah satunya Gadis Minimarket siih, oh sama Sihir Perempuan, tapi sisanya belum nemu lagi yang bener-bener bisa aku bilang terbaik siih πŸ˜…

    Tokyo Zodiac Murders ini sering banget wara-wiri di timeline deeh, aku jadi penasaran.. Niat memang pengin merambah Japan Literature siih selain baca manga doang πŸ˜‚ Btw Reka pernah rekomendasiin aku baca Natsume Soseki yaa, ternyata aku udah pernah baca Botchan, udah cukup lama siih.. Siip laah nanti nambahin lagi list Natsume Soseki πŸ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...mungkin kapan-kapan akan aku masukkan list bacaan webtoon dan manga juga disini biar gak serius-serius banget πŸ˜‚

      Iya kak sempat heboh karena keruwetan kasusnya. Bukunya tersedia di gramdig kalo kak Eya mau baca😁. Hoooo botchan bagus gak kak? Aku belom baca nih bukunya beliau yang ini.

      Delete
  6. Aku baru tahu buku buku ini mbak, baca tulisan ini menambah wawasan aku banget. Jadi penasaran sama buku semua orang butuh curhat, sepertinya bagus ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola Ami..sebelumnya terima kasih sudah berkunjung yaa :')

      Iya bagus. Buku tersebut aku rekomendasikan untuk teman-teman yang ingin mengenal lebih dalam mengenai ilmu Psikologi dan sesi terapinya. Buku ini sudah tersedia di gramedia digital . Selamat membaca AmiiπŸ˜†πŸ‘

      Delete
  7. Buku terbaik aku... hhmmm πŸ€”πŸ€”
    Kayanya semua terbaik. Berhubung buku bacaannku hampir semuanya hasil rekomendasi orang2.. jadi bagus2 aja..

    Btw, buku semua orang butuh curhat sempat dimention sama Lia.. baru tak intip belum tak baca. Skrang masih proses baca The Perfect world of Miwako Mba Reka... belum beres πŸ˜†πŸ˜† karena aku kalau baca buku mirip Slowpoke.. lamaa.. haha πŸ˜…πŸ˜… ​

    Mungkin abis ini tak lari ke Tokyo Zodiac dlu.. 😁😁 lagi demen sama tema beginian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk gpp Bay.. baca cepat sama lambat semua sama aja pada akhirnya, tipe pembaca juga beda-beda kanπŸ˜†πŸ‘

      Delete
  8. 26 buku dalam 5 bulan???!!! Seriously, like what??! Hahahah alay aku 🀣🀣 Aku sih paling sebulan satu aja untung Kak Reka, itupun juga dapet racun dari Kak Lia salah satunya yang Before the Coffee gets Cold. Hahahah 🀣🀣 Sisanya aku lompat-lompat ga jelas. Aslinya di rak buku itu banyak yang belum diselesain, cuma entah kenapa mood aku itu nggak tahan kalau harus nyelesain satu buku tanpa ngelirik yang lain. Kalau kata Kak Lia, aku belum nemu genre buku yang sesuai sama aku. Tapi kalau menurut Kak Reka gimana ya? Pokoknya aku yang susah banget selesain satu buku, dan lebih milih baca buku lainnya yang baru, nah ntar bosen cari lain. Dah gituuu terus pokoknya, hadeehh 😌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan liat jumlahnyaaaa Syifaa...ada beberapa buku pendek yang bisa dibaca dengan pace cepat πŸ˜„

      Hmm... aku sependapat dengan yang Lia bilang. Tapi mungkin Syifa termasuk tipe pembaca yang gak bisa baca satu buku aja? harus dibarengi baca buku yg lain. Tapi bisa juga, keadaan ketika kamu sedang baca pikiran kamu lagi gak fokus/gak bisa fokus. Bosennya pas baca buku itu biasanya karena apa Syiff? Karena ceritanya kah? Gaya bahasa atau apa? Soalnya banyak kemungkinan lain juga sih πŸ˜…

      Delete
  9. Rahasia Hati bagus nggak sih? Saya udah masukin di keranjang belanja tapi belum checkout karena belum yakin sama ceritanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hola kak..
      Menurutku pribadi bagus. Sarat pesan moral yang bisa diambil dari tokoh utamanya; Sensei. Kalau berminat baca sastra jepang klasik, boleh coba dimulai dari buku ini :D

      Delete
  10. the stranger bikin penasaran, pertama karena sampulnya dulu, kedua karena judulnya, inget sama judul post di blog aku sendiri hahaha
    terusss kalau soal cerita pembunuhan sebenernya aku demen yang kayak gini, asalkan ga yang berhantu hantu gimana gitu, apalagi kalau aku bacanya sering malam hari. maklum agak agak penakut gimana gitu wkwkwk

    kayaknya kalau aku jangan ditanya pertanyaan itu, karena aku sendiri bingung buku terbaik apa selama 5 bulan terakhir ini, karena aku merasa masih kurang banyak yang dibaca. minder mode on kayaknya hahahaha
    kemarin pas 6.6 aja listnya banyak banget hahaha, udah mikir beli aja dulu, baca mah belakangan aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kak Ainun pernah ngepost di blog pake judul The stranger?? πŸ€” aku belom baca tuh kayaknyaa.

      Wkwk kak Ainun sendiri sebenernya suka baca buku misteri kah? Kalau iya, Paling sering baca bukunya siapa?πŸ‘€

      Hati-hati kak jangan sampai ketauan kalo lagi rajin numpuk buku..banyak satpam di dunia maya πŸ˜†

      Delete
  11. Samaan kita, Reka, aku juga suka bingung kalau ditanya buku favorit XD

    ReplyDelete

Post a Comment