Reading slump, Did not Finish dan beragam istilah lainnya

Sudah memasuki penghujung bulan September, iya saya tau kok rasanya waktu bergulir cepat sekali ya. Saya ngerasa waktu sehari itu tidak dihabiskan selama 24 jam melainkan hanya 15 jam. Gak terasa juga saya udah lama gak kirim tulisan disini 😌

 

Jadi hari ini saya mau membagikan informasi yang sudah agak basi. Kalangan pembaca buku sih pasti udah khatam dengan isi tulisan saya. Catatan tambahan, tulisan ini akan agak panjang karena saya juga menambahkannya dengan pengalaman pribadi. Baiklah daripada kelamaan, saya mau kasih tau istilah-istilah apa saja yang sering dipakai oleh para pembaca buku. 

 

 

 

DNF : Did not finish – tidak selesai


Buku tidak selesai merupakan satu fenomena yang sering terjadi di kalangan pembaca buku, wajar. Ada beberapa sebab mengapa seorang pembaca tidak ingin melanjutkan kembali buku yang sedang dibaca. Misalnya saja karena; alur cerita dalam buku sangat lambat, karakter tokoh tidak berkembang dengan baik, bahasa terjemahan sulit di pahami, kena spoiler, ceritanya kurang cocok dan membuatmu bosan, banyak metafora yg sulit dipahami dan berbagai alasan lainnya. 

 

Sebagai pembaca buku, saya juga tidak luput dari hal tersebut. Beberapa waktu lalu saya pernah menemui keributan di medsos tentang keputusan seorang pembaca untuk melakukan DNF pada bukunya, karena beberapa alasan. Saya sendiri kadang ngerasa bersalah ketika memutuskan untuk DNF suatu buku, sekarang sih sudah lebih nyantai. Tapi tentu ada alasan kenapa seorang pembaca gak bisa selesai membaca buku yang sedang dibacanya. Lalu letak masalahnya tuh di mana ya? Kalau emang gak bisa selesai sekarang, nanti toh bisa baca lagi. Tapi kalo emang gak cocok walau udah pake dipaksa juga yaudah tutup, kecuali jika kamu memang suka memaksakan diri kayak saya hehe. Lalu jika seorang pembaca mengeluarkan uangnya untuk membeli buku dan tidak sanggup ia selesaikan, yang rugi kan bukan anda-anda sekalian. Hadeeeh. 


Udahan ah saya juga gak mau pusing dan gak mau memusingkan keributan diluar sana. Karena hal kayak gini menururt saya gak perlu diperdebatkan :D

 

Kembali lagi, alasan saya DNF pun gak jauh beda dari pembaca lainnya. Kebetulan saya baru mengalami di bulan Agustus lalu, saya memutuskan untuk berhenti dan gak mau baca lagi novel Mr. Mercedes.  

 

Yamaapii... Saya bosen banget selama membaca bukunya, berasa sekali kalo novel ini emang gak cocok buat saya setelah mencoba baca untuk kedua kali. Progress yang kedua bisa dibilang lumayan sih, karena berhasil memasuki halaman 130 dari 650an halaman lebih. Baca buku setebal itu gak jadi masalah asalkan alurnya gak kebangetan lambat, gaya bahasanya enak, dan cerita nya tidak bertele-tele (maaf ya Steph). Saya juga ngerasa pas baca buku ini tuh kayak “ini sebenernya jalan ceritanya mau dibawa kemana dulu sih, udah di halaman segini kok masih begitu aja”. 


Padahal ketika baca ulasan pembaca lain terkait buku ini saya udah tertarik banget buat baca tapi ya kebetulan emang gak sesuai harapan. Karena saya juga gak mau membuang waktu, tenaga, otak dan mengecewakan diri sendiri, yasudah saya putuskan untuk DNF aja😆

 

TBR : to be read – akan dibaca


Atau saya menyebutnya dengan tumpukkan TBR; daftar buku yang akan dibaca. Kalo istilah ini kayaknya udah umum banget ya. Berkeliaran lewat twitter, goodreads, atau jejaring media lain seperti blog. Terutama buat kamu yang aktif merekam progress bacaan lewat aplikasi Goodreads dan The storygraph. Pasti sering kan liat status mereka yang kayak gini 

 

“reka want to Read .... ” . Artinya hampir sama dengan To be read, nambahain buku itu ke dalam daftar bacaan.

 

Fitur TBR dalam aplikasi reading tracker sendiri berfungsi untuk memudahkan para pembaca dalam mengingat buku-buku yang akan mereka baca. Atau hanya sekedar mencatat buku yang terlihat menarik bagi pembacanya. Entah mau dibaca kapan yang penting masukkin dulu ke list TBR, betul atau tidak betul? 

 

Saya mau jujur aja disini, saya termasuk tipe pembaca yang gak nyaman menumpuk list TBR. Saya juga termasuk pembaca yang selektif dalam memilih bacaan. Kalo pas baca blurb atau review, saya gak ngerasain feel apapun, maka saya gak berminat memasukkan buku tersebut ke dalam daftar bacaan. Walau buku itu sudah banyak dibaca oleh orang-orang atau mendapat rekomendasi dari berbagai kalangan. 

 

Saya sering banget menambahkan segelintir buku tbr ke goodreads tapi rasanya buat saya tuh malah bikin gagal fokus👀. Makanya kenapa sampai saat ini saya jarang menumpuk list tbr, yang saya catat hanya buku-buku yang beneran mau dibaca dan sudah menjadi incaran sejak lama.

 

Reading slump : tidak mood membaca buku


Kalau kamu lagi baca buku dan merasa gak bisa menikmati cerita di bukunya, kehilangan mood untuk baca, gak fokus, atau pikiran ke mana-mana, berarti kamu sedang merasakan Reading Slump 

 

Sekarang ini, saya lagi ada di fase reading slump. Gejalanya (?) sudah terasa pada akhir bulan Juli lalu. Merasa sulit fokus dan gak bisa menikmati cerita saat saya membaca satu buku di bulan itu. Tapi ya saya cuekkin aja tetap lanjut baca karena asumsi saya gejalanya bakalan berakhir 2-3 hari lagi.

 

Salah kawan-kawan, ternyata saya salah. Sampe saat ini saya masih mogok baca buku. Walau di bulan Agustus kemarin saya sanggup menamatkan 2 judul, padahal satu buku itu salah satu buku yang udah kepengin banget saya baca. Tapi tetep aja rasanya hambar...flat..datar...kentang goreng tanpa garem aja masih enak buat dimakan. Hingga detik ini pun, mood belom bisa diajak buat balikan. 


Lalu saat ini saya hanya pasrah ajalah, mau gimana lagi. Udah coba cari dan baca buku lain tapi belum nemu juga yang klop. Dan saya punya hutang satu buku yang harus selesai akhir September ini T_T. Doakan agar mood saya bisa bangkit membaca buku kembali yaaa.

 

CR : currently reading - sedang membaca buku ini


Curently Reading biasanya digunakan untuk mencatat buku apa yang sedang kita baca saat itu. Ada yang bilang kalo fungsi ini dipakai untuk ajang pamer bacaan. Update status sedang baca ini loh teman-teman, kan siapa tau udah ada yang baca juga jadi bisa saling sharing, tapi sering disalahartikan oleh sebagian orang. Lagian....kenapa sih sampe ada yang mikir kayak gitu. 



Aktivitas ini mengingatkan saya dengan membagikan momen “Saya sedang mendengarkan lagu X” pada platform medsos. Nah, teruntuk para pembaca buku juga bisa melakukan hal serupa, dengan menggunakan aplikasi Goodreads. Goodreads sudah terintegrasi dengan baik bersama twitter sehingga kamu bisa membagikan status CR-mu ke dalam akun twitter (kenapa jadi kayak promosiin app Goodreads ya). Sebenernya pake cara manual juga bisa sih. 



BBB : book buying ban 


Istilah BBB baru saya ketahui di tahun 2020 setelah cukup ramai dibicarakan lewat medsos. Arti dari Book buying ban adalah puasa membeli buku, khususnya pada buku fisik. Hal ini sempat dilakukan oleh beberapa kawan pembaca, guna-nya supaya mengurangi tumpukkan TBR dan juga digunakan sebagai “hukuman” karena terlalu banyak membeli buku, uang habis karena membeli buku. Ajaib nih, sampe ada orang yang menciptakan kegiatan seperti ini.

 

Contoh penerapannya; ada pembaca yang gak mau jajan buku selama satu bulan / lebih, atau tidak membeli buku kalau buku-buku dirumah belum habis terbaca. 

 

Sayang kan kalo udah beli mahal tapi ternyata ceritanya gak cocok sama kita? Akhirnya uang habis tapi buku nya gak selesai dibaca. Sisa buku masih banyak dan masih kepengin beli buku lagi. Sebetulnya ada alternatif solusi yang bisa dipakai supaya waktu dan uang kamu gak mubazir, dengan cara menjual kembali buku tersebut. Lumayan kan uang bisa kamu dapat dan pembaca bisa memiliki buku yang mereka inginkan.

 

Saya sendiri belum pernah menerapkan book buying ban, sebab sekali lagi karena saya termasuk tipe pembaca yang selektif sebelum membeli buku. Ini namanya latihan mengontrol diri, Saya jadi teringat dengan postingan Mba Grissel - Book Buying ban realistikah? Dalam blognya belio mengatakan munculnya penerapan Book buying ban bisa disebabkan karena kita gak bisa mengontrol diri.  Dan saya setuju banget dengan apa yang disampaikan Mba Grissel lewat kiriman tulisannya. Belio juga membagikan pengalaman pribadinya soal Book buying ban dan solusi supaya pembaca dapat selektif sebelum memborong banyak buku yang akan dibeli.

 

Oke saya gak bisa bicara banyak soal ini karena saya sendiri belum pernah mencoba untuk BBB atau merasa perlu melakukannya. Apakah efektif atau tidak? Saya belum bisa menjawabnya. 

 

Booktwt : book twit


A.k.a pembaca buku yang aktif membagikan aktivitas membacanya lewat akun twitter. Biasanya seorang booktwtr mengkhususkan akun mereka hanya untuk membahas topik yang berkaitan dengan dunia perbukuan. 

 

Booktwt yang saya tau dan sering saya tengok isinya karena menarik banget adalah akun Mba Heireina aka Raina. Saya gak tau sih apakah Mba Raina menganggap dirinya sebagai booktwt atau enggak tapi saya suka dengan isi cuitannya. Asik banget melihat cara belio membahas buku-buku yang dibaca. Isi utasnya juga informatif sekali. Sering membagikan rekomendasi buku yang menarik dan unik. 

 

Mba Raina punya blog pribadi juga lho. Isinya masih berkaitan dengan dunia perbukuan.. silahkan yang tertarik bisa berkunjung kesini >> Hei, I'm Rein!

 

 

Re-read : membaca ulang buku


Reread dalam artian bahasa indonesianya adalah membaca ulang suatu buku yang sudah pernah kita baca. Umumnya ini terjadi pada buku-buku yang memang menjadi buku favorit pembaca. Setiap pembaca biasanya memiliki buku favorit yang sering dibaca ulang. Tapi ada juga tipe pembaca yang tidak menyukai kegiatan ini, mereka hanya membaca sekali sudah cukup dan tidak ingin membaca ulang kembali.

 

Ada beberapa alasan khusus kenapa pembaca mau membaca ulang sebuah buku. Katakanlah berdasarkan pengalaman saya pribadi, jika saya  ingin membaca ulang satu buku berarti cerita dalam buku tersebut betul-betul memikat ingatan dan perasaan saya. Artinya saya mau membaca ulang karena beberapa hal, bisa karena gaya penulisannya, karakter tokoh yang hadir, konflik yang terjadi dalam cerita, tema cerita, dan lain-lain hal.  


Buku yang sempat saya baca ulang sebetulnya gak banyak. Kalo gak ada buku fisiknya saya jarang baca ulang sih. hm.. ada 2 buku yang cukup sering saya tengok kembali di tahun ini. G.O dua aksara karya Kazuki Kaneshiro dan Orang-orang bloomington karya Budi darma. 


ooo


Sebetulnya masih banyak lagi ragam istilah yang digunakan dalam dunia perbukuan. Semua istilah yang saya sampaikan diatas cuman yang umum dan basicnya aja, kamu dapat temui istilah lain jika ingin menilik lebih dalam bisa jumpai disini > 100 istilah


Terima kasih ya sudah membaca sampai akhir! Ciao.

Comments

  1. Haloo Mba Reka apa kabar?? 😁
    btw makasih banget udah jelasin istilah2 ini.. terbantu banget aku.. haha
    Jujur ni ya.. hehe. Aku tuh kadang suka mendadak lost kalau lagi baca cerita ttg buku dari Mba Reka, Lia, Mba Jane, Mba Thessa dan teman2 lainnya. Aku sering mendadak bingung sama istilah yang aku nggak ngerti. ya walaupun udah terbantu dengan adanya google.. Tapi tetap kadang repott.. hahah

    Tulisan ini bikin makin melengkapi istilah dalam otakku. Jadi aku nggak perlu repot2 cari di google lagi deh.. hehe. Karena sudah tahu.. 😁😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah baik..Bayu sendiri gimana kabarnya? Sekarang lagi baca buku apa nih? 👀

      Wkwkwk tanya aja Bay kalo kurang paham, aku bantu kasih tau. Alhamdulillah kalau tulisan ini bisa membantu yang belum paham..link paling bawah itu lumayan lengkap untuk cari tau istilah2 lain Bay 😁

      Delete
  2. Kentang goreng pakai garam...jadi laper. *salah fokus*

    Aku baru tau ada istilah BBB hahahah, makasih mba Reka. Terus untuk DNF itu, ternyata sama juga digunakan di dunia olahraga. Kalau atlet nggak sampai garis finish renang atau lari, maka dinyatakan DNF. 😆

    Sejauh ini pengalaman DNF yang aku ingat itu pas SD, nggak selesai baca buku tentang Ashabul Kahfi hahaha. Bacaannya berat untuk anak SD dan memang masa pinjam dari perpus juga singkat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tau mba istilah BBB di tahun 2021..kok bisa ya kepikiran bikin kegiatan kayak gini hahaha

      Wah! Baru dengar aku kalo soal ini ternyata DNF dipakai di dunia olahraga juga 👀

      Delete
  3. Aloha Kak Rekaaa! Akhirnya ada tulisan baru lagi, yeaay! 😆
    Tulisan kali ini bermanfaat sekaliii karena jujur waktu pertama aku terjun ke dunia booktwt, aku buta banget sama istilah-istilah di atas 😂 bahkan TBR aja aku nggak ngerti maksudnya apa wkwk untunglah Mbah Google bisa bantu memberikan solusi.
    Kalau ada rangkuman seprrti tulisan Kakak ini sih lebih bagus lagi, seperti sambil menyelam minum air wkwk
    Btw, aku bisa dibilang kena reading slump juga 😂 gara-gara kemarin-marin sibuk, baca bukunya jadi terlupakan hikss.
    Untuk Kak Reka, nggak apa take your time untuk istirahat dulu~ jangan terlalu memaksakan diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkw sama dong Lii! Aku semenjak aktif di dunia booktwt jadi banyak tau segala hal yang berhubungan sama buku, tapi masih agak kurang paham sih sama penerapan BBB itu Li 😅

      Wkwkk nasib jadi pembaca akan begini terus ya Lii. Kena reading slump emang bikin gak enak sih💪

      Delete
    2. Penerapan BBB sendiri menurutku kembali ke personal, Kak. Karena nggak ada aturan baku juga untuk hal ini, hanya saja intinya nggak beli buku dalam kurun waktu tertentu tapi tetap kembali lagi ke rules masing-masing pribadi wkwk

      Delete
    3. Trueee...kreatif juga sih sampe ada yg bikin inisiatif kayak gini. Munculnya penerapan BBB aku rasa juga karena banyak faktor sihh.

      Delete
  4. Beberapa istilah aku baru tau disini nih hihi, selama ini mungkin cuma tau yang tanpa istilahnya aja. Misal kalau baca bukunya nggak beres, yaudah nggak beres. Ternyata di kalangan pecinta buku juga ada istilah2 macam gini ya kak😁 yang paling baru dan nggak familiar buat aku sih BBB dan Booktwt itu. Thx buat rekomendasinya lhoo kak Reka aku jadi langsung follow akun twitter yg mbak mention di atas, soalnya merasa lagi butuh banget asupan soal buku, karena di twitter mutual aku nggak ada yg related to book world sih😅

    Btw aku baca ini sambil menelusuri ingatan, mana aja yaa buku yg masuk ke tiap istilah. Eh saking jarang baca buku, jadi nggak inget sama sekali. Taunya cuma mana buku yg berkesan buatku dan mana yg nggak🤔😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awl dulu aku juga sama kayak kamu...awam dengan istilah2 yang aku tulis. Semenjak aktif main twitter lagi akhirnya jadi tau singkatan dan istilah dalam dunia perbukuan wkwkk.

      Sebenernya ada lagi sih Awl booktwt yang bagus rekomendasinya, aku sempet mentioned nama beliao juga disini. Kak Safa, kalau kamu pernah baca tulisanku yang 5 terbaik selama 5 bulan. Belio cukup intens membahas minatnya terhadap buku lewat twitter :D

      Delete
  5. Reka penjelasannya enak bangeet, walaupun udah banyak yang tahu tapi baca penjelasannya Reka jadi sambil ngangguk-ngangguk. Ini berguna banget buat yang baru terjun ke dunia perbukuan atau atif bahas buku di sosmed gitu 💖

    Dulu waktu aktif di Goodreads, yang aku masukin ke TBR itu biasanya buku yang aku udah punya tapi belum dibaca, jadi bukan cuma pengin baca gitu. Dulu juga belum masa-masa kejayaan Ipusnas atau Gramedia Digital siih, kalau sekarang mungkin bisa dimasukin juga buku yang belum dipunya tapi akan dibaca lewat digital gitu yaa 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Eyaaa...makasih Kak Eya, berarti penjelasanku cukup bisa dipahami dengan jelas ya hehe. Iya kak udah lama juga sebetulnya mau bahas tentang ini di blog, alhamdulillah tercapai juga.

      Kak Eya punya GR? Masih aktif,kah? Aku baru kenal GR tahun 2016 wkwk itu pun gak langsung aktif.

      Nah iya betul kak, istilahnya kayak titip daftar bacaan sementara 😁

      Delete
  6. Hem.. baru 2-3 bulan. Saya malah sudah sekitar 10 tahunan "reading slump"nya... hahaha Saya seperti sudah kehilangan "cinta" pada buku. Bukan berarti berhenti membaca sih karena justru saya membaca banyak sekali tulisan di dunia maya, mulai dari yang serius di media serius sampai sekedar update status di Facebook.

    Kalau DNF : baru saja terjadi (2 bulan yang lalu). Saya mencoba membaca sebuah buku, terjemahan literatur sejarah dengan jumlah halaman 400-500-an. Terhenti pada bab terakhir. Mungkin karena saya memang belum bisa kembali ke buku cetak, tetapi bisa juga karena memang sebenarnya buku itu memiliki gaya bahasa yang agak aneh (mungkin karena gaya bahasa dan penerjemahannya yang kurang bagus). Sampai saat ini belum ada niatan kembali menyelesaikannya.

    Bener kata Reka.. suka-suka gue dong mau selesai atau tidak.. wkwkwkw tidak perlu menjadi bahan perdebatan karena masing-masing individu berbeda dalam menyikapi hal ini.

    TBR saya sebenarnya banyak banget karena sempat membeli lumayan banyak buku, dan si Kribo, putra semata wayang kami punya koleksi lumayan banyak. Masalahnya, ya karena entah kenapa niat membaca buku cetak di hati nggak ada.. Ga tau juga kenapa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah lama juga ya Pak Antonn..mungkin jenis bacaan Pak Anton sekarang udah berbeda?? Sedang asik membaca tulisan lewat media maya ya pak? Hahaha gak apa juga sih membaca itu gak mesti baca “buku” jenis fiksi atau nonfiksi. Baca artikel atau lainnya termasuk membaca juga toh hehee

      Delete
  7. Semangat, Rekaaa <3 Semoga cepat berlalu reading slump-nya.

    Kalau CR-nya kurang sreg, DNF atau on-hold aja dulu. Walaupun itu buku untuk book club nggak apa-apa kok xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Faraaah...aku masih stuck di bab 4 hahaha. Tapi biasanya kalo udah mepet hari H, aku bisa tiba2 selesaiin sih mba 😁

      Delete
  8. Rekaaaa akhirnya nulis juga yaa di blog :D

    Wah, aku baru tau ada istilah BBB itu. Aku taunya BBB itu BuibuBacaBuku komunitas membaca buibu yang digagas Kak Puty 😂 Eniweii, aku justru mengenal istilah ini tuh gara-gara Lia sering memakainya di blog. Ternyata istilah ini memang sering banget dipakai di kalangan booktuber, book blogger dan lainnya, ya. Perkara buku DNF itu bisa memancing keributan juga wkwkwk padahal kalau emang nggak cocok dengan bukunya ya gimana yaa huhuhu kayak aku sama Norwegian Wood, mau diterusin baca juga nggak bisa, akhirnya aku preloved aja 😂

    Thank you so much Reka udah dijelasin satu per satu! Enak banget penjelasannya, karena disertai oleh pengalaman pribadi dari kamu juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk aku juga ada tau beberapa dari blog Liaa kak. Dan istilah lainnya dari twitter. Kak Jane kalo main twitter dan follow beberapa booktwt pasti gak asing lagi dengan beragam istilah yang aku sebutin 😆

      Ehiya kak Norwegian wood jadinya DNF ya? Hahaha aku baru aja mau baca (rencana doang). Aku kepo tapi ada filmnya juga sih kak. Kak Jane udah baca sampe mana?

      Masama kak! senang juga udah dibaca sama temen-temen dan Kak Jane hihi

      Delete
  9. Walopun aku udah mencintai buku sejak umur setahun, tapi jujurnya istilah2 di atas aku baru baca sekarang :p. Krn selama ini aku LBH sering pake istilahku sendiri buat deskrispiin buku yg stop baca tengah jalan, book to be read, dll .

    Ternyata ada istilah khususnya yaa :D.

    Kalo utk DNF, aku bbrp kali ngelakuin mba. Tapi honestly ini sesuatu yg sebisa mungkin aku ga berhenti utk baca. Kalo sampe aku stop membaca sebuah buku, itu berarti bukunya udh masuk dlm tahap yg otakku udh ga sanggup utk cerna lagi. Ini bukunya Alfred Hitler yang Mein Kampf, ampuuuun, ga sanggup utk dicerna buku dia. Awalnya aku pikir terjemahannya jelek. Tapi stlah baca banyak review, semua setuju, Adolf Hitler ga berbakat jd penulis hahahahha.

    Trus buku2nya Supernova Dee lestari , buku2nya Kahlil Gibran, aduuuh aku ga bisa nyelesein buku2 mereka. Udah aku coba mba, tapi ttp ga masuk dan ga bisa enjoy. Akhirnya aku stop.

    Skr ini aku lagi baca buku, tipiiiis, hanya 180an halaman, dan isinya lagi2 aku ga enjoy. Cuma Krn ini tipis, aku mau trus tamatin penasaran separah apa ujungnya ntr.

    Kalo TBR aku banyak ini hahahaha. Ada 4 rak sendiri :D. Dan Krn itu aku stop sementara utk beli buku. Sampe buku2 4 rak itu habis aku bacam mungkin kalo aku ga bikin target bacaan 54 buku per tahun, itu buku2 bakal lebih lama lagi abisnya :D. Aku ga terlalu suka e-book sih, makanya sampe skr msh beli buku fisik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Kak Fanny! Aku sebelum aktif di twitter pun asing banget dengan istilah2 ini. Ternyata sampe kayak CR pake ada istilahnya juga haha.

      Sebenernya aku termasuk orang yang gk mau kalo baca buku gak Tapi sekarang lebih nyantai sih kak semisal udah baca setengah tapi ternyata emang gak cocok dan gak nyambung lagi untuk dilanjutin yaudah udahan aja wkk mirip lah sama Kak Fanny gitu 😁

      Ah Supernova terlalu berat kah diksi nya atau ceritanya kurang cocok sama Kak Fanny?

      Btw aku baru tau loh kalo Kak Fanny tuh suka baca banget! Apalagi liat status reading update kakak di instagram 👀, seru banget baca review kk disanaa

      Delete
  10. Banyak sekali ya istilah dalam membaca buku, ada Did not finish atau tidak selesai. To be Read atau akan dibaca, BBB book buying ban atau berhenti membeli buku saking udah banyaknya buku yang dibeli tapi belum kebaca.

    Kalo DNF aku juga kadang gitu. Pertama aku baca ulasannya bagus jadi memutuskan untuk beli. Eh sudah baca separuh tapi kok rasanya tidak sesuai ekspektasi, akhirnya berhenti deh apalagi kalo bukunya tebal 500 halaman lebih.😂



    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak banyak juga istilah2 dalam perbukuan, yang aku sebutkan diatas baru beberapa saja. Masih ada lagi istilah lain dan kemungkinan akan bertambah 👀😁

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

About my Favorite Webtoon

Perfect Blue (1998): Bukan untuk Sembarang penonton