Windbreaker! inside the trail


ON REVIEW – WEBCOMICS

Imgrum

Pencipta (Cerita & Gambar) : Yongseok Jo
Waktu rilis : 2014 – Sekarang
Status : On going (Ep.158-English Version)
Genre : Sports, Action, Comedy, School-Friendship
Rating : 9.84/10
Terbit setiap hari Senin di Line Webtoon


Ringkasan:
Jay adalah seorang ketua kelas dari SMA Sunny. Dia bukan hanya seorang siswa yang cerdas,tapi juga pengendara sepeda yang ekstrim dengan teknik yang luar biasa. Ikuti jejaknya dalam sepeda untuk menemukan teman, cinta, dan petualangannya.


***  



-Jay is..he?

Mangahasu


Menambah koleksi ON Review, hari ini saya mau memberi ulasan dari salah satu webcomics favorit saya. Webcomics yang saya mau ulas adalah Wind Breaker yang cerita dan gambarnya dibuat oleh Yongseok Jo, dari Negara ginseng-Korea Selatan.


Menceritakan tentang seseorang bernama Jay, siswa cerdas di sekolahnya dan seorang laki-laki yang menyukai sepeda dengan tekniknya yang luar biasa. Karakter Jay di ilustrasikan dengan karakter yang dingin, cerdas, banyak akal, memiliki selera yang unik, quietly odd, sangat mencintai sepeda dan bersepeda. Dia tidak memiliki banyak teman dan hanya menyukai sepeda. Pada episode awal kita akan langsung disuguhkan dengan aksi bersepeda dengan gaya uniknya dari sosok Jay. Lalu, dipertemukan dengan pertemuan pertamanya dengan seseorang bernama Minwoo biasa dipanggil - Minu, teman satu sekolahnya Jay di SMA Sunny. 

Minu juga menyukai sepeda dan memiliki klub sepeda. Dari pertemuan inilah, Jay menemukan sesuatu seperti takdir dengan sepeda dan kemunculan orang-orang tak diduga yang menuntun jalannya persahabatan yang sebelumnya belum pernah ia alami. 


Deskgram
Pinterest

Pertemuannya dengan Minu, pada Jay yang pendiam dan tidak peduli dengan urusan orang lain, membuatnya terlibat dalam suatu pertandingan yang menyusahkan dirinya. Berujung dengan konflik demi konflik, waktu yang ia habiskan bersama sepedanya tidak hanya untuk seorang diri. Begitulah awal pertemuannya dengan Minu. Apakah jay tidak sengaja menemukan partner sepedanya? Bisakah ia menjadi pribadi yang lebih terbuka pada dunia dan lingkungannya, berkat sepeda? Ini hanya segelintir cerita awalannya, saat kalian membaca episode 1, saya jamin penyuka genre olahraga dan melodrama remaja akan menyukainya.


Setiap akhir episode, kita bakalan di hujani dengan ujung cerita yang mendatangkan keluh penasaran. Tema ceritanya memang fokus pada sepeda dan Jay, tapi sepanjang kita mengikuti alur cerita akan semakin menemukan hal-hal baru disini. Susunan cerita yang rapih, karakter yang unik dan fastgrowing, genre yang berbeda dari genre webcomic yang sering di pasarkan pada halaman awal webcomics, membuat saya ingin terus menggerus cerita Wind breaker. 

Instagram web


Membaca winbreaker, mengingatkan saya pada anime genre sport shounen yang sudah saya tonton seperti haikyuu, KNB, daiya no ace, free! dan one outs. Kecuali, adegan-adegan persoalan konfilk keluarga, pertemanan, kejadian tragis di masa lalu, pengkhianatan, persaingan dan kecurangan, dan sedikit romance yang jarang saya temukan dalam animasi jepang yang tadi saya sebutkan. Unsur di dalam yang selalu membuat saya kagum dan menyukai sports genre adalah trik, aksi dan kenekatan luar biasa gila yang di gambarkan dari karakter di dalam sebuah komik atau animasinya. 


Imgrum
Deskgram






















Terus apa bedanya webcomics Wind breaker dengan komik atau animasi sports genre yang lain?


Tepatnya, tidak ada perbedaan yang signifikan. Karena dalam cerita olahraga selalu ada persoalan A Vs. B,siapa yang akan menang, maka dia / mereka yang terkuat dan terhebat, kemudian trik dan strategi bertanding, dan aturan permainan. Mungkin, perbedaan yang saya dapat dalam webcomics ini dibandingkan dengan cerita sport lainnya adalah, bagian karakter dan konflik setiap karakter. Setiap karakter utama dan karakter pendukung utama lainnya dijelaskan dengan cukup runtun dan jelas bagaimana keterlibatan mereka bersama sepeda dan konflik pribadi yang cukup kompleks membuat cerita semakin menarik dan tidak membosankan. 

Social mate


Beberapa orang berpendapat bahwa unsur utama dalam Windbreaker bukanlah tentang balapan sepeda, melainkan yang cenderung fokus pada unsur melodrama remaja dari konflik dan pembawaan karakter dalam cerita. Judulnya Windbreaker memang cocok dengan gaya bersepeda Jay dan teman-temannya, tetapi juga cocok di labelkan untuk alur cerita dari wind breaker, melodrama yang bombastis dengan perjalanan liar sepedahnya. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari problematika di setiap masing-masing tokoh dan cerita.

Intinya, bukan hanya balapan sepeda, tapi bagaimana cerita yang di kemas secara mendalam berlalu sepanjang petualangan dalam bersepeda.

Well. Segitu aja. Saya memberi rating 4.8 dari 5 bintang. Dari sudut pandang pribadi, cerita Wind breaker cocok dengan selera saya. Cerita nya tidak bertele-tele dan karakter tokohnya yang unik ,menarik untuk dinikmati. Bagi kalian yang sangat suka dengan cerita bertema olahraga, action-comedy dan terdapat unsur melodrama, Wind breaker menjadi salah satu pilihan yang tepat diantara yang lain. It seems I’d like to hope that Windbreaker would becoming into Animation series, because this is the best one I ever read on webtoon collection sports genre story.  Oh, ya webtoon ini masih on going, jadi ikutin terus kelanjutan cerita dari Jay dkk dalam Wind Breaker!

Comments

Popular posts from this blog

Perfect Blue (1998): Bukan untuk Sembarang penonton

About my Favorite Webtoon