Mid Year Freak Out Book Tag 2022

Berhubung sudah memasuki penghujung bulan Juli, akhirnya saya memutuskan untuk menulis Mid Year Freak Out Book Tag 2022. Sebenernya agak malas karena progress membaca saya di tahun ini merosot banget, parahhh kalo dibandingin sama tahun lalu mah. Cuma saya juga gak mau bikin blog Reka jadi debuan, jadi yaudah bikin ajalahπŸ˜†


Tanpa menulis panjang lebar karena saya lagi males basa-basi, yuk mari lihat daftar buku yang berhasil saya rampungkan pada setengah tahun 2022 iniii 


πŸ‘€πŸ“š



READ

Sampar / The Plague - Albert Camus

The Revenant - Michael Punke

Teh dan Pengkhianat - Iksaka Banu

Solilokui - Budi Darma 

French Pink - Prisca Primasari

The Thing About the Luck - Cynthia Kadohata

In The Miso Soup - Ryu Murakami

Lemon - Kwon Yeo Sun

Pencuri dan Anjing anjing - Naguib Mahfouz 

Crime and Punishment - Fyodor Dostoyevsky

Asrama - Yoko Ogawa 

The Fall - Albert Camus

The Strange Library - Haruki Murakami

Birthday Girl - Haruki Murakami

BINO - Zaki Jaihutan

Pagi dan hal hal yang Dipungut Kembali - Goenawan Mohamad

Pintu Terlarang - Sekar Ayu Asmara



BEST BOOK YOU’VE READ SO FAR IN 2022?  
Nominasinya ada 4 buku, cuma setelah dipikir-pikir, sepertinya saya pilih 3 buku aja karena buku terakhir itu gak bikin saya berkesan banget dan ceritanya sudah terlalu familiar buat saya, hehehe. 

Ketiga buku dibawah ini sudah pernah saya bahas ulasan agak panjangnya melalui The Storygraph dan blog Haloreka.

Crime & Punishment - Fyodor Dostoyevsky 
4.5/5⭐️ 

Solilokui - Budi Darma  
4/5⭐️

Pencuri dan anjing-anjing - Naguib Mahfouz
4.5/5⭐️ 



BEST SEQUEL YOU’VE READ SO FAR IN 2022? 
I haven’t any read sequel yet 

NEW RELEASE YOU HAVEN’T READ, BUT WANT TO? 
All She was Worth cetakan ulang Maret 2022

Penasaran sama All She was Worth (Miyuki Miyabe) ini bukan buku baru sih cuma dicetak ulang sama pihak Gramedia dengan sampul depan yang berbeda, membaca blurbnya kayaknya buku ini menarikkk. Dan novelnya Tsugaeda - Efek Jera yang masih belum kesampean baca.

MOST ANTICIPATED RELEASE FOR SECOND HALF OF 2022? 
Sudah terbit! Langsung cek akun instagram @Bentangpustaka untuk prapesan

Buku barunya Andrea Hirata, saya berharapnya sih ada terjemahan baru dari bukunya Chan Ho Kei hahaha *siapataukan* 

BIGGEST DISSAPOINTMENT? 
>> Kesan singkat : Premis ceritanya menarik, tapi sepertinya saya terlalu tinggi berharap. Kisahnya terlalu singkat, pendalaman karakternya juga kurang menonjol. Namun elemen misterinya lumayan terasa. 

BIGGEST SURPRISE? 


Saya gak nyangka bakalan sesuka ini sama bukunya Fyodor - Crime and Punishment, berkat buku tersebut saya jadi belajar banyak tentang “Manusia” , beserta pergolakan batinnya saat melakukan perbuatan diluar batas akal sehat, dan bagaimana manusia tersebut menangani perbuatan serta menanggung resikonya. Belajar memahami bagaimana dampak dan pandangan tentang “Kejahatan dan Hukuman” yang berusaha disampaikan oleh penulis. 

Teruntuk teman-teman yang punya minat lebih terhadap ilmu Psikologi, kayaknya sih cocok deh baca buku ini. (Tersedia di ipusnas dan iJak). 

FAVOURITE NEW AUTHOR (DEBUT OR NEW TO YOU)
Naguib Mahfouz. Masih terlalu dini jika mendiang Naguib saya kategorikan sebagai penulis favorit di tahun ini, namun saya memang langsung mengagguminya setelah menyelami kisah Said dalam buku Pencuri dan anjing-anjing, doh dan saya juga selalu tertarik dengan karya fiktif yang mana isinya berusaha mengelupas kesenjangan sosial masyarakat. 

Mau baca karya beliau yang lain di ipusnas tapi formatnya tega banget, mau bikin minus saya jadi bertambah lagi?? πŸ˜­

NEWEST FICTIONAL CRUSH? 
Kayaknya Dr.Rieux? Sabar, tenang, lembut, sayang ibu dan istri serta cerdas. Perempuan mana yang tidak naksir dengan karakter fiksi seperti Dokter Rieux?? 

NEWEST FAVOURITE CHARACTER? 
Dr.Rieux (Sampar / The Plague), Summer (The Thing About the Luck

BOOK THAT MADE YOU CRY? Gak ada 

BOOK THAT MADE YOU HAPPY? 
Happy?? Mungkin The Thing about the Luck. Bukan seneng yang bikin ngayal gitu sih, tapi lebih ke nuansa cerita nya aja yang membuat saya seperti merasa bernostalgia semasa remaja. 

FAVOURITE BOOK TO MOVIE ADAPTION YOU SAW THIS YEAR? 
Tahun ini gak kedapetan buat nonton film adaptasi dari novel. Tadinya mau nonton Death on The Nile cuma pernah baca review kalau filmnya kurang memuaskan, jadi saya memutuskan untuk tidak menontonnya dulu dehh. Btw film ini juga pernah dibuat pada tahun 2004. 

THE MOST BEAUTIFUL BOOK YOU BOUGHT SO FAR? 
Saya belum beli buku fisik di tahun ini, kecuali The Fall - Albert Camus terbitan Immortal Books. So pertanyaannya saya ganti aja jadi 

THE MOST BEAUTIFUL BOOK YOU READ SO FAR? 

Sebetulnya buku ini punya sampul depan yang serem ketimbang cantik tapi saya suka perpaduan warna yang ada dalam cover😁😁 — liiar dan menantang. 

WHAT BOOKS DO YOU NEED TO READ BY THE END OF THE YEAR? 


The Fourth Monkey series (lagi baca ini dan kayaknya bakalan nemuin satu penulis misteri thriller favorit lagi sih)
What the internet is doing to our brain Frankenstein (baru rencana). 

πŸ“™


Hamdallah saya bisa menyelesaikan total 17 buku sampai dengan bulan Juli, meskipun tahun ini minat membaca saya sedang merosot tapi saya bersyukur masih mampu menamatkan buku 1-2 buah dalam satu bulan, di syukuri aja πŸ˜πŸ‘Œ

Sekian untuk laporan Mid Year Freak out book 2022 kali ini! Sampai bertemu di postingan berikutnya ~

Comments

  1. Yeay! Akhirnya tayang juga punya Kak Reka πŸ™ˆ

    Pintu Terlarang ini covernya baguss, tapi kalau dilihat jeli, cukup horor ya Kak 🀣. Ceritanya horor banget nggak? Fast atau slow paced?

    Nggak sangka best book Kakak itu buku Fyodor wkwk. Kalau nggak salah, ini karya klasik kan ya?

    Btw, aku ada tertarik untuk nonton Death on the Nile tapi karena belum baca bukunya jadi belum berani nonton 🀣. Karena banyak yang bilang kurang memuaskan, aku malah jadi penasaran soalnya cast-nya tuh bagus-bagus deh wk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya akhirnya Lii selesai sudah tugasku bulan ini hahaha.

      Serem Lii memang kalo kamu perhatiin baik-baik. Sebenernya pintu terlarang itu lebih ke psycho thriller Lii, alurnya agak lambat di awal tapi lama kelamaan tempo ceritanya semakin cepat dan menegangkan😁. Eh kamu mungkin cocok sama buku ini hihihi

      Nah aku juga gak nyangka bakalan suka dgn bukunya Dostoyevsky, wkwkk. Banyak hal ttg manusia yg bisa dibahas dalam buku ini LiiπŸ‘Œ, iyap termasuk buku klasik.

      Lia udah baca novel death on the nile nya belum? Ho oh katanya sih banyak yg kurang cocok dgn penggambaran dlm bukunya Lii.

      Oiya aku barusan liat di twitter, Kastil terpencil dalam cermin mau dibuat animenya lhooo πŸ‘€

      Delete
    2. Itu kayak ada topeng berdarah-darah di covernya deh πŸ˜‚. Apakah ada kaitannya dengan isi ceritanya(?) Ini kumcer atau bukan, Kak? Aku udah download di Gramdig btw, tinggal tunggu mood baca 🀣.

      Apakah gaya bercerita Fyodor sama seperti Murakami, Kak? πŸ˜‚

      Belum bacaaa~ padahal bukunya udah ada di timbunan fisikku dari lama, tapi belum nemu mood bacanya wk. Aku pastikan untuk baca dulu bukunya sebelum nonton 🀣.

      IYAA KAK!! EXCITED BANGET MESKIPUN MASIH LAMA HUHUHU. Aku pasti akan nonton!! Studio produksinya juga pembuat anime Your Lie in April! Pasti gambarnya bakalan oke punya nihh 😍. Kak Reka kira-kira tertarik untuk nonton nggak?

      Delete
    3. Topeng anak kecil itu yaa? Ada Lii, buku ini membahas kekerasan dalam rumah tangga yaitu thdp anak kecil. Jadi kayaknya sih topeng itu ada kaitan dgn ceritanya Lii. Bukan kumcer, novel thriller kok hehe. Mirip sama rumah lebah sih cuma kalo pintu terlarang ada bagian yg lebih nyereminn πŸ˜‚

      Fyodor beda banget sama Murakami wkwkwkk. Gak ada nuansa melankolis, dan bisa kubilang malah kebalikannya dari Murakami LiiπŸ˜†. Karakternya cenderung lebih liar, dan dingin. Gaya berceritanya juga gak bertele-tele, gak ada unsur magis dan realis bangettt.

      Aku penasaran! Kayaknya bakalan intip anime nya kalo udah tayang hihihi, udah lama juga gak nonton anime Lii. Wah iya satu produksi sama Your lie, pasti memanjakan mata banget nih 😍

      Delete
    4. Lia: yang sama tuh bagian mengupas psikologis manusianya (Dostoyevsky terasa lebih gelap tanpa harus melankolis, dan cenderung ke brutal). Karena formula tulisan Haruki kan mengawinkan gaya Dostoyevsky dengan Raymond Chandler.

      Delete
    5. Yoga : betul nih...kedua penulis ini piawai menggambarkan sisi psikologis manusia, sampe saya sendiri gregetan pas baca Crimeandpunish.

      Oh pantesan, saya belum pernah baca Raymond sihπŸ‘€

      Delete
  2. Baca Teh dan Pengkhianat di iPusnas kan, ya? Hebat sih kalau berhasil dapat setelah mengantre. Soalnya saya dulu gagal terus, dan akhirnya nyerah buat pinjam. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya waktu itu saya dapet pas emg blm banyak yg antre, Yog. Itupun sisa 2 copyπŸ˜‚πŸ˜‚. Di ijak ada yg judulnya Semua untuk hindia, katanya ini juga bagus, dan ketersediaannya masih banyak disana πŸ‘€

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

About my Favorite Webtoon

Perfect Blue (1998): Bukan untuk Sembarang penonton