DAY 2 - What’s Your Bedtime Reading Ritual

Kalau ada yang tanya “apa ritual membaca gue sebelum tidur”, gue gak tau jawaban pasti dari ritual apa yang biasa gue lakukan.


Kalau diingat-ingat, mungkin gue punya ritual khusus sebelum membaca buku tapi gue gak yakin apakah ini bisa disebut dengan ritual.


Terlepas karena aktivitas membaca gak hanya dilakukan saat mau tidur malem aja. Tapi waktu yang gue habiskan untuk membaca emang lebih banyak dilakukan di malam hari. 


Berkat tema kedua dari tantangan ini gue jadi betulan mikir, apa ya yang biasanya gue lakukan sebelum membaca buku di malam hari saat mau tidur??


..... mungkin salah satunya adalah “mencari tempat yang nyaman” salah satu pendukung utama saat membaca adalah ketika  gue menemukan satu posisi tempat yang nyaman untuk memulai membaca buku. Ketika gue ingin membaca buku dengan rileks dan santai biasanya gue pindah ke tempat tidur buat lanjutin bacaan. 


Beresin tempat tidur, atur bantal, taroh bantal sebagai alat buat nyenderin punggung, dan sebagai tambahan pake selimut buat nutupin kaki. (Ini ritual apa sih sebenernyaπŸ˜‚


Terus terakhir, biasanya gue sediain air putih hangat, gue gampang haus kalo lagi baca jadi selalu sedia air putih di dalam kamar.


Udah itu aja kok. Gak ada hal khusus yang biasa gue lakukan saat mau membaca buku. Sepertinya, pengalaman yang gue sampaikan tadi masih sering juga dilakukan oleh pembaca lainnya. Kalau kalian, adakah yang punya ritual khusus membaca sebelum tidur? πŸ˜

Comments

  1. Kak Reka, toss dulu! Ritual baca Kakak sama persis plek-plek-an kayak aku 🀣
    Tapi kalau ditanya ritual baca sebelum tidur, kayaknya nggak ada ritual khusus. Cuma baca aja sambil senderan sampai ngantuk 🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. *Toss*

      Samaan Lii aku juga gak ada..soalnya kalo baca buku pas malem mau tidur, udah pasti baca sambil nyenderin punggung pake bantal sampe ketiduran hahaha

      Delete
  2. Mba Reka kalau baca buku nggk pernah sambil tiduran yah?? πŸ˜†
    Soalnya kalau aku posisi paling Uenaakk yah sambil tidurann.. wkwk meskipun paham ini bukan posisi yg bagus buat mata dan badan.. wkwk🀣

    Kalau aku paling cuci muka kali yah.. soalnya jam baca biasanya malam2 atau nggk pagi2.. biar nggk cemong2 mukanya makanya cuci muka dluπŸ˜‚ *ketauan kalau pagi nggk pernah langsung mandi.* hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingat saya gak pernah, tapi kalo baca lewat ebook bisa sambil tiduran wkwkwk
      Tapi memang pewe juga ya baca sambil tiduranπŸ˜†

      Saya jadi penasaran kalo Bayu mau mulai ngegambar biasanya ritual apa ya yang dilakukan? πŸ€”

      Delete
  3. Saya juga sekarang kalau baca buku seringnya pas mau tidur. Soalnya kalau siang seringnya nggak sempet, masih banyak kesibukan. :-D

    Kalau saya malem baca buku biasanya nyediain air putih juga, senderan pakai bantal di punggung. Tapi nggak sanggup lama2 bacanya, keburu ngantuk hahah paling satu bab dua bab, udah siap tidur :-D
    Kemampuan saya menyelesaikan buku sekarang lagi rendah banget, mana udah sok-sokan pake target 30 buku di goodreads lagi selama tahun 2021. Alamat nggak bakal sampai ini kayaknya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan kak Edo, saya juga pasti sedia air putih hehe. Gampang haus kalo lagi baca.

      Wah 30 ya kak, tapi gpp juga kak pasang target siapa tau tiba-tiba bisa terlampaui 😁, jadi penasaran apa aja buku-buku yang kak Edo baca di tahun ini..

      Delete
  4. Aku juga jd mikir ritual baca aku sblm tidur kaya gimana.. Hehehe. Dulu sebelum punya anak, sama kaya Mba Reka, atur posisi yg nyaman, trus baca deh sampe ngantuk.
    Nah klo skrng buat baca malem agak2 tricky nih. Soalnya baby Tafiya baru pules tidur klo mati lampu. Jadi biasanya melem aku nyusuin dia, karena gelap eh malah sampe ikut ketiduran, ujung2nya ga jadi baca. hahaha.. :D Yauda aku lbh banyak baca pas di jalan aja paling, pas pergi atau pulang kantor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Thessa...iya ya kak kalau udah punya baby waktu untuk baca buku jadi tersisih. Tapi aku salut sama ibu-ibu muda ini kayak kak Thessa, kak Jane juga, udah punya anak tapi masih bisa ngebagi waktunya buat baca buku, aku kagum!!

      Ke kantor masih bawa buku juga ya kak πŸ˜†, tapi yang penting buat kak Thessa dan keluarga semoga selalu diberikan kesehatan😊, aamiin

      Delete
  5. Jadi mikir juga nih, aku punya ritual baca sebelum tidur ga yaa? Wkwkwk sama kayak Reka siih, paling numpuk-numpukin bantal biar enak buat sandaran, atau malah sambil tiduran bacanya πŸ™ˆ dan bener, harus sambil selimutan biar hangat πŸ˜‚πŸ˜‚ Kalau di kantor, biasanya sambil nungguin yang beli makan dateng, aku suka sambil baca di kursi (apa ya sebutannya, kursinya rada menggeleyot ke bawah gitu jadi nyaman banget buat duduk senderan sambil baca πŸ˜‚)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang sama denganku ya hehe, posisi paling enak emang nyender atau tiduran ya kak. Kursi menggeleyot? yang jatoh ke dalem gitu ya kak? Lazy sofa kah? Hahaha iya iya kayaknya aku tau tapi gak tau juga apa nama kursinya πŸ˜†

      Delete
  6. Aku bacanya nggak spesifik sebelum tidur jadi nggak ada ritual khusus. Adanya ritual sebelum tidur aja kayak cuci muka, pakai skincare malam, gosok gigi, dan pipis dulu wkwk. /plak

    Kalau ritual sebelum membaca buku biasanya cari tempat yang nyaman, keadaan sekeliling sepi, dan pekerjaan rumah selesai semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak aku kok ketawa ya baca ini πŸ˜‚, maaf kak Endah. Tapi emang bener kalo ritual sebelum tidur, aku juga sama kayak kak Endah.

      Yup sama kak, pekerjaan rumah selesai itu juga jadi pengaruh ketenanganku saat membaca πŸ‘πŸ»

      Delete

Post a comment

Postingan Populer

Rashomon oleh Akutagawa Ryunosuke

Bicara Film - Forgotten (2017)