Tahun baru Kebiasaan baru: Catatan membaca




Semenjak tahun 2021, Saya punya kebiasaan baru ketika membaca buku. Tidak lain dan tidak aneh, kebiasaan baru itu adalah menuliskan progress reading atau saya biasa menyebutkannya dengan  catatan membaca. Menulis dibuku bukan ngetik di hape  ya. Kegiatan ini saya lakukan supaya saya bisa mengingat cerita dari buku yang sudah saya baca dan agar lebih mengkhayati bacaan. Terdengar penting dan gak penting ya? Tapi tergantung pembaca masing-masing sih, toh kegiatan tersebut saya lakukan karena saya sendiri sudah jengkel dengan kemampuan saya dalam mengingat. Makin kesini kok terlihat semakin payah😅 


Sebelum itu, saya juga sempat mengenal yang namanya “Utas Membaca”(twit bergulir panjang) yang biasanya dipakai oleh teman-teman Booktwt. Utas membaca ini kurang lebih mirip dengan yang saya lakukan, menyampaikan unek-unek atau apapun yang berkaitan dengan buku yang lagi kita baca — yang lagi dibaca sampai tamat. Apa aja (opini, kesan, tanggapan, unek2, quotes, dsb) — pokoknya tentang buku itu. Saya pernah membuatnya di twitter. Tapi yah karena sekarang lagi gak ada energi buat ngoceh disana akhirnya utas tersebut sedang terlantar untuk sementara waktu dan beralih kembali ke cara manual yaitu dengan menulis di buku. 


Catatan membaca yang saya tulis sangat sederhana dan acak, tidak ada isian khusus atau daftar poin apa saja yang saya tuliskan, juga gak pake tulisan-tulisan indah yang di poles sedemikian rupa karena kalo dipercantik biasanya saya malah gagal fokus pas baca ulang tulisannya. Elemen penting bagi saya sendiri adalah apa saja tanggapan yang saya lontarkan saat membaca buku itu, bagaimana garis besar cerita dan bagian2 lain yg menurut saya penting. 


Enaknya kalo nulis progress membaca di buku, saya bisa mencatat sebebas bebasnya tanpa harus takut dengan spoiler. Beda hal nya kalo bikin utas membaca di twitter, saya mesti mewanti-wanti diri supaya jangan sampe ngebocorin isi cerita dari buku yang sedang dibaca. 


Kira-kira seperti ini bentuk diari dari catatan progres membaca yang saya buat. Asik juga ya bikin catatan kayak gini, kadang bisa nulis sesuatu yang gak penting jadi ketawa sendiri bacanya wkwk. 






Dokumentasi pribadi


Biasa aja kan? gak bisa ngasih foto lain karena catatannya gak estetik banget hahaha. Iya yang penting bagi saya adalah tulisan ini bisa saya jadikan rekam jejak dari buku-buku yang sedang dan sudah dibaca. 


Selain membantu saya untuk mengingat cerita, catatan ini juga memiliki tujuan lain yaitu; membentuk kebiasaan baru di tahun 2022. Sebab sebetulnya saya ini adalah tipe pembaca yang malas. Malas mengingat kembali cerita yang telah saya baca. Kenapa malas mengingat? Pada dasarnya saya membaca novel hanya untuk menghibur diri dan mengisi waktu kosong. Iya, hanya itu, setelah baca yaudah ditaro aja lagi bukunya, gak mau repot untuk mengingat-ingat kembali 😂


Bertahun-tahun lalu, mana pernah saya bikin reading progress(malah baru tau sekarang ini) atau bahkan ulasan buku?! Mungkin untuk ulasan atau review, saya pernah membuatnya tapi kalau progres membaca? Iya gak pernah, kepikiran aja engga hahaha. Baca buku ya baca aja, mengisi kekosongan waktu, sesekali saya bisa rindu dengan masa-masa di kala itu. 


✍️


Udah segitu aja, akhirnya bisa nulis lagi di blog. Rencananya BMOTM bulan Januari dan Februari bakalan tayang akhir bulan Maret, tapi entahlah apakah akan rampung beneran atau sekadar wacana 😂. Omong-omong ada yang punya kebiasaan baru belakangan ini? Apapun itu, kebiasaan saat membaca, belajar atau aktivitas lain? Yuk berbagi cerita di kolom komentar 👀⬇️⬇️

Comments

  1. Aku gak ada kebiasaan baru sih cuma mengubah kebiasaan aja hahaha. Sama kayak Reka, aku juga suka nulis apa yang aku rasain ketika baca sebuah buku di catetan gitu jadi aku punya notes khusus buat coret2 apa yg aku pikirin pas nonton / baca. Kalo buku biasanya sih aku nyatetin quotes2 bagus, trus tokoh2 hahaha buat buku yang punya byk tokoh aku selalu catet nama dan perannya biar gak lupa pas baca terus apalagi buat yg genrenya detective mystery gitu..

    Kalo kebiasaan barunya itu, aku meng-upgrade catetan aku. Jadi, aku baru nyoba sih buat nulis2 khusus quotes dan moment paling aku suka di suatu buku trus dihias kayak journal (atau emang jurnal hahaha) soalnya aku banyak baca ebook kan ya, kalo itu buku subscribe gitu kadang jadi gak bisa baca2 lagi meskipun udah ditandain makanya aku buat yang lebih enak dibaca daripada coret2 di buku biasanya yang kadang tulisannya jelek banget 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berarti emang dari dulu udah punya catatan khusus buat nulis ttg buku ya Mba? 👀

      Ah iya bener! Kalo baca buku misteri detektif kadang harus bikin notes berbeda, apalagi kalo tokoh nya banyak kadang lupa sendiri hahaha.

      Mba Tika sama banget! Aku juga gitu apalagi sekarang banyak baca lewat ebook juga, jadi kadang2 udah males bolak balik buka apknya😅

      Delete
  2. Tulisan tangannya bagus! Btw, kalau aku, kebiasaannya sudah lama sih, yaitu merangkum buku nonfiksi yang aku baca dan aku tuliskan di blog buku aku. Kalau kebiasaan baru, untuk menulis reviu buku fiksi, aku sekarang lebih suka menulis di Goodreads langsung. Kalau dulu, hanya menulis cuplikan reviu di Goodreads dan reviu lengkapnya ditulis di blog. Kalau sekarang, langsung menulis reviu dengan lengkap di Goodreads.

    Sepakat dengan yang kamu bilang, menulis catatan mengenai buku yang dibaca bikin jadi lebih paham dengan isi buku. Bikin lebih ingat juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Kimii tulisanku acak-acakan wkwkwk. Nulis review lewat platform juga termasuk kebiasaan baruku sih 👀, terutama tahun 2020 kemarin udah aktif lagi nulis ulasan disana hehe. Berarti kalau ulasan lengkap lebih sering nulis di blog ya Kak?😁
      Btw Kak Kimi, username Goodreadsnya apa?

      Hehehe iya, soalnya aku suka cepet lupa dan sangat membantu kalau misalnya mau bikin ulasan di blog—jadi gak harus buka buku nya lagi 😁

      Delete
  3. Wah. Tulisannya bagus loh, rapi.
    Saya juga tipe orang yang gampang lupa. Habis nonton film gitu kadang lupa alurnya tadi gimana😅 kayaknya ingatan saya juga mulai nggak jernih nih.
    Kalau saya sih kebiasaan baru yang akhir-akhir ini saya lakukan adalah cuci baju sambil mandi😁 biasanya mah cuci baju ya cuci baju, tapi sekarang jadi lebih ringan karena nyucinya pas mandi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha itu pas di bagian yang rapihnya Kak Astria, kalo yg lainnya berantakan.

      WKWKK sama banget, aku juga kalo abis nonton film biasanya lupa, lebih parah dari baca buku. Terutama misalnya maraton film seharian 😂 kecuali kalo ceritanya berkesan banget buatku.

      Wah boleh juga tuh caranya Kak, jadi sekalian gitu ya selesai mandi—cucian baju juga abis 👍🏻😆

      Delete
  4. Aku padahal udah rajin melakukan ini tahun lalu, tapi di 2022 karena kesibukan bertambah malah terbengkalai kebiasaannya 😂 Padahal "segar" rasanya menulis di atas kertas kalau sehari-hari kesibukan kita itu di depan layar.

    Reka menulis ini ada jadwal khusus kah atau ketika ingat aja? Aku mau coba-coba membiasakan ini lagi sepertinya, tapi jadwal menulisnya alih-alih malam mungkin akan aku geser ke pagi hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba beda rasanya ketika aku nulis langsung pake alat tulis dan ngetik, tangan ikut kerja juga jadi rasanya lebih fokus aja kalau menulis langsung hehe.

      Biasanya pas lagi baca buku nya, Mba Farah (pagi/malam) atau pas lagi kosong waktu seharian. Tapi kalo sedang gak sempat terpaksa ngetik dulu lewat hp wkwkw

      Delete
  5. Catatannya di atas level "biasa aja" kalau menurutku, soalnya rapi tulisannya😭 terus dikasih stabilo juga, dikasih tulisan warna lain juga. Catatan kayak gini emang beneran bantu banget mengurangi beban kepala untuk mengingat. Dan yes aku setuju kalau catatan pribadi kayak gini kita bisa bebas mau spoiler wkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk Kak Endah itu pas lagi rajin kalo pake stabilo. Nah iya kan, mau nulis bentuk kayak apapun bebas, pake bahasa apapun juga gak masalah, gak ada yg bisa baca juga hahaha.

      Delete
  6. Tulisannya bagus, saya karena terlalu lama nggak berlatih menulis tangan, tulisan jadi sangat apoteker mendekati steno lol...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk Kak Pheb, mungkin perlu sering menulis supaya tulisannya bisa balik lagi ke semula. Tapi iya bener sih kak, kalo jarang nulis tangan memang jadi kaku, apalagi sekarang udah serba digital, makin jarang deh nulis di kertas :p

      Delete
  7. Keren nih artikelnya. hehehehe membaca adalah hobi yang nggak ada habisnya buat saya. Sampai kadang suami bertanya-tanya, "Ita rak buku ada di mana-mana loh, masih minta yang baru lagi?" sewaktu saya minta beli yang baru di Toko ACE Hardware. Hehehehe ya karena udah terisi penuh, ya harus beli yang baru lagi lah. Semoga ada lebih banyak orang lagi ya yang suka baca.

    ReplyDelete
  8. Naaah, aku juga pada akhirnya mutusin utk menulis ulasan buku2 yg aku baca, Krn alasan utamanya lupa 😅. Tapi memang aku lebih milih nulis di medsos dan blog, bukan secara tulisan manual.

    Tapiiii cara manual gini, selalu aku lakuin pas traveling atau wiskul. Aku tulis detil2 utamanya di catatan, sebelum pada akhirnya aku pindahin ke blog. Kalo ga kayak gitu aku lupa blaaaas.

    Bayangin aja kalo sedang traveling 2 Minggu, itu kan banyak bgt yg aku datangin. Kalo detilnya ga aku tulis, yg ada pas mindahin ke blog juga lupa. Feeling ya ga dapet Krn udh kelewat lama. Makanya hrs selaku ditulis 🤣..

    Dan aku pernah baca, ditulis manual, jauh LBH nempel di pikiran drpd tulis di gadget. Tapi so far buatku sama aja. Yg penting ditulis, mau itu manual atau digital

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Kak Fanny! untuk buku-buku yang udah aku baca dari jaman SMP otomatis ada yang lupa sama isi ceritanya, bahkan kadang2 judul bukunya lupa hahaha. Sekarang lebih niat bikin blog buat buku dan nulis manual juga :D


      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perfect Blue (1998): Bukan untuk Sembarang penonton

About my Favorite Webtoon