Perjalanan Membaca bersama Buku Digital

Hari ini gue mau curhat, curhatan dari seorang pembaca yang sedang move on... engga sih sebenernya tetep gak bisa move on walaupun pengganti kali ini memberikan kemudahan dengan fasilitas yang ada. Tapi tetep aja si bukis aka buku fisik ternyata sulit terlupakan. Emang kalo udah nyaman susah move on-nya ya πŸ˜

Omong-omong... gue bukan mau ngebahas tentang kenyamanan gue bersama buku fisik. Semenjak pandemi gue ngerasa banyak yang berubah mulai dari kebiasaan kecil, remeh, besar, sampe ke salah satunya adalah kegiatan membaca buku.


Terinspirasi dari postingan terbarunya Mba Tika yang membicarakan serba-serbi aplikasi buku digital. Setelah membaca kiriman tulisannya, entah kenapa gue jadi kepengin membahas hal terkait secara khusus dalam blog ini. Bedanya, gue hanya ingin menyampaikan bagaimana perjalanan gue selama menjadi pengguna buku nonfisik/digital


Mulai dari; alasan berimigrasi dari buku fisik ke buku digital, perubahan apa saja yang muncul, serta kelebihan & kekurangannya.


Peralihan Buku fisik >> Buku Digital

Sebenernya apa sih alasan gue beralih dari buku fisik ke buku digital? Satu-satunya alasan gue saat ini adalah gue ingin meminimalisir pengeluaran. Semenjak putus dari pekerjaan yang lama dan nganggur dari bulan Juni tahun lalu, gue betul-betul selektif dalam membeli barang, walau sekarang keadaan udah mulai membaik dan berubah tapi gak menutup keinginan untuk tetap selektif dan ngirit. 


Selain memenuhi kebutuhan sehari-hari dan keperluan darurat, gue menahan diri untuk gak asal beli barang hanya karena “kepengin beli” padahal gak dibutuhin banget. Lah kok jadi curhat kemari ya πŸ˜…


Ya intinya begitu, salah satu barang yang gue tahan untuk tidak asal membeli adalah Buku. Sedih sih tapi ya mau gimana lagi kan?  Makanya kenapa gue mulai beralih dari buku fisik ke buku digital, entah sampai kapan akan bertahan. Selama buku yang gue cari tersedia lewat aplikasi, gue akan manfaatkannya sebaik mungkin. 


Perubahan yang muncul

Kalo ditanya apa perubahan yang cukup mentereng setelah menjadi pengguna buku digital yang pertama adalah


Mudah mengganti list bacaan

Buat sebagian orang mungkin biasa aja untuk gonta ganti list bacaan dan gak ada masalah dengan itu. Tapi buat gue, hal ini gak biasa dan gue tidak terbiasaπŸ˜…


Mungkin aja ya..mungkin ini hanya asumsi yang gue buat berdasarkan pengalaman pribadi. Akses instan& gratis yang gue dapatkan seringkali membuat gue terlalu gampang untuk mengganti/menambah daftar TBR to-be-read. Asumsi ini valid jika aplikasi tersebut bisa meminjamkan buku secara gratis beda halnya dengan Scribd atau Gramdig yang menggunakan sistem berbayar langganan.


Bayar dulu baru bisa baca >> Ada patokan kira-kira bakalan dibaca kapan dan bisa mengurangi tumpukkan TBR. 


Lain ceritanya kalo...

"Oh buku ini ada di iPusnas okelah nanti bakalan gue baca masukkin dulu ke daftar bacaan, oh yang ini juga ada di iJak masukkin ke daftar, oh ternyata juga udah ada di iPusnas tambah lagi ke daftar bacaan. Wah asik bisa baca gratis di Rakata, selow aja tambah dulu ke daftar bacaan". Di lain waktu bisa aja buku itu terlupakan dan diganti dengan buku lain, mungkin gue hanya lapar mata. Karena gratis..yaudah tumpuk dulu deh. Wk wk


Tanpa sadar hal ini gue lakukan secara terus menerus hingga TBR menumpuk bahkan membengkakπŸ˜‚, sekarang udah mendingan sih. Beda hal nya saat dulu ketika gue masih ogah untuk baca buku dalam layar. Gue bukan tipe pembaca yang beli dulu baca belakangan. Harap tidak tersinggung ya karena gue tidak berniat menyinggung siapapun disini wkwkk. Bisa dibilang gue sangat selektif untuk membeli buku jika itu buku fisik. Limit dalam membeli sebanyak 3 buku, lebih dari itu aku sih No.


Jadi tuh jelas kalo beli buku fisik. Oh gue udah beli ini, harus baca yang udah dibeli dulu baru baca yang gratisan. yang begini sih kayaknya cuman gue doang dehπŸ˜†, atau emang anaknya masih belum bisa move on dari buku fisik.


Makanya kenapa gue sering ngerasa kalo list bacaan mudah berubah selama memakai aplikasi karena kepemilikan buku yang tidak resmi (kecuali kalo beli ebook legal). Mumpung gratis dan boleh pinjam setiap saat yasudah catat dulu masukkin ke daftar TBR, bacanya bisa nanti ajaπŸ˜†


Kedua, Multi-tasker


Pinterest

Fyi yang gak penting banget, sebagai tipe the chronological reader, dimana harus tuntas satu buku baru berganti ke buku yang lain, membaca 2 buku sekaligus adalah salah satu kegiatan yang sangat gue hindari. Bahkan sampai saat ini walau udah mulai coba-coba baca 2 buku bersamaan. Dulu bahkan sempet mikir 


“kok ada ya orang yang bisa baca 2-3 buku berbeda dalam sehari. Pagi baca buku A, sore baca buku B malemnya lanjut buku C.." Sebut saja mereka ini adalah The Multi-tasker. Atau bisa juga disebut dengan Polygamist reader 


Ada dari mereka yang bilang kalo baca buku bersamaan dengan buku lain keuntungannya dapat meningkatkan adrenalin saat membaca, dan emang gak betah aja kalo cuman stay dengan satu buku. Semacam kalo ditengah jalan bosan dengan cerita di buku A dia bisa pindah ke buku B untuk memudarkan kebosanan yang dirasa dari buku A. Dan mungkin aja ada alasan-alasan lain kenapa mereka menjadi multi-tasker/polygamist reader.


Semenjak aktivitas #Dirumahaja menjadi sebuah peraturan tak kasat mata, kegiatan membaca jadi lebih sering dilakukan di dalam rumah. Beli buku aja udah jarang, sekarang ini segala sesuatu harus dipikirin dulu kalo mau beli barang, termasuk membeli buku. Salah satu cara gue melampiaskan keresahan atas situasi yang dialami adalah mengunduh aplikasi membaca. Mulai dari iPusnas, gramedia digital, scribd dan yang paling baru yaitu Rakata.


Cukup lama gue memakai iPusnas, kira-kira dari tahun 2018. Waktu itu gue masih belom aktif dan tidak terbiasa dengan aplikasi ini. Tapi di awal tahun 2020, keadaan mulai berubah......berubah banget. Semenjak covid melanda, waktu membaca lebih banyak dihabiskan bersama ebook. Seharian mantengin hape buat liat koleksi buku ibaratnya udah kayak menyantap makanan sehari-hari.


Tanpa sadar klik tombol pinjam ke beberapa buku dan mulai membaca satu persatu. Tapi ada yang aneh.. gue mulai membaca 2 buku bersamaan. Ini terjadi karena keburu penasaran dengan isi buku lain. Kejadian itu memang gak sering dilakukan, masih tergantung dari jenis buku apa yang gue baca. Tapi untuk menjadi seorang the multi-tasker ternyata gak mudah ya hahaha dan sejauh ini gue sudah cukup menikmatinya.


Ketiga. Jadwal membaca

Setelah cukup lama membaca lewat ebook, gue gak punya jadwal khusus untuk membacaπŸ˜† Sebebasnya gue aja, kalo lagi ada waktu kosong di rumah gue manfaatkan untuk buka aplikasi dan baca disana.  


Berkat Ebook (yang legal tentunya) pembaca bisa membaca dimana dan kapan aja, terserah mau sambil makan, sambil nonton, sambil kerja juga bisa. Gue lebih bebas menentukan waktu untuk membaca, ini karena ebook bisa dibawa kemana pun. 


Kelebihan dan Kekurangan 

Kelebihan >>

  • Praktis (bisa dibawa dan dibaca kapan saja)
  • Hemat biaya
  • Gak perlu ruang untuk menyimpan
  • Awet-tanpa perlu perawatan
  • Bisa sharing kuota berlangganan 

Kekurangan >>

  • Mata mudah lelah 
  • Pergelangan tangan gampang pegal karena harus megangin hp terus
  • Fasilitas untuk iPusnas dan Gramdig gak bisa di highlight. Untuk mencatat bagian penting hanya bisa di bookmark
  • Aplikasi terkadang error (gak bisa akses buku) 
  • Gak bisa mencium aroma bukuπŸ˜†


Ada lagi yang mau menambahkan kelebihan dan kekurangannya? Sekiranya ada yang mau nambahin boleh isi di kolom komentar :D 


γ…Žγ…Ž


Sekian curhatan dari pemilik blog Haloreka. Udah kepanjangan banget, tadinya mau ringkas aja eh malah kebablasan sampe segini. Tulisan diatas hanya berdasarkan pengalaman pribadi, bisa aja temen-temen disini punya pengalaman berbeda. 


Perkara buku fisik atau buku digital bukan suatu pilihan yang harus dipaksa. Nyaman dengan buku fisik ya gapapa, lebih suka pake Ebook? Ya gpp juga. Ada kekurangan dan kelebihan dari setiap fasilitas yang ada , tinggal pilih mana yang cocok untuk kita. Yang penting masih bisa baca kan? ν—€ν—€ 


Jadi ... bagaimana dengan perjalananmu bersama Buku digital? πŸ‘€

Comments

  1. Kalau pakai e-reader kindle dan kobo matanya nggak lelah sih.
    Tapi memang namanya ganti metode perlu wakti penyesuaian. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm..betul kak perlu penyesuaian, belom lagi karena aku ada minus jadi mungkin juga mata gampang lelahπŸ˜…. Kalo dua perangkat itu sepertinya memang dibuat senyaman mungkin untuk pembaca nya ya Kak PhebπŸ‘€

      Delete
  2. Semenjak aktif BlogWalking dan kenal blogger seperti Mba Reka, Lia, Mba Jane, dll. Saat itulah kegiatan membaca aku jadi agak intens.πŸ˜† meskipun tergolong tipe pembaca yg lambat. Tapi semenjak kenal kalian setidaknya ada aja buku yg dibaca setiap pulang kerja meskipun sehari hanya 3-6 lembar . Hahaha πŸ˜… jadi thanks for that! πŸ˜‡

    Kalau ngomongin ttg buku digital.. haha 😁 aku malah termasuk yg kudet banget. Karena instal Ipusnas dan berlangganan Gramedia digital baru2 tahun 2021 ini. Haha 😁 dan semenjak itu, beli buku fisik jadi agak tertahan karena kebanyakan buku hasil rekomendasi teman2 ada di Gramdig.

    Akses ke Gramdig atau ipusnas juga lebih simpel. Meskipun iya, kadang suka nemuin aplikasi error atau tiba2 crash.. πŸ˜† di tengah jalan.

    Baik buku fisik sama Digital. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing2 sih. Tapi setuju kalau digital jauh lebih hemat. Makanya sempat mikir, ini GramDig apa nggak rugi ya? I mean dengan biaya kurang dari 100ribu per bulan bisa dpet full akses, tentu surga dunia banget bagi penikmat buku yg bisa melahap banyak buku dalam satu bulan πŸ˜…πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalo kegiatan membaca Bayu jadi semakin intens😁

      Nah bener nih..terutama yang bisa baca banyak buku dalam sebulan. Ditambah lagi bisa sharing berdua untuk berlangganan dan suka ada diskon juga kan πŸ˜†

      Delete
  3. Alasan kita buat beralih ke digital sama banget ya, masalah budget hahaha aku juga termasuk mikir-mikir banget nih soal itu. Karena emang harga buku itu sekarang luar biasa ya harus sering-sering cari promo kalo mau beli buku fisik πŸ™ˆ dengan pake digital pengeluaran buat buku tuh jadi drastis banget nurun dan bisa dialokasikan untuk yang lebih urgent.

    Tapi, selain itu aku masalah space sih yang bener-bener turut andil juga. Karena ngekos jadi gak leluasa kalo punya buku banyak banget, alias nanti kamarnya jadi makin sempit πŸ˜₯ padahal buku yang ingin di koleksi sih banyak banget hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain diskon aku juga suka beli buku bekas mba Tikaa...gara-gara kenal sama akun litbase nih. Rasanya dulu harga buku gak semahal ini ya atau cuma perasaanku aja πŸ˜…

      Wkwkwk ini masalah anak kos yang suka baca buku..aku punya kenalan yang ngekos juga kayak Mba Tika, tapi dia ngirim buku ke rumah orang tuanya. Dan saking udah lama gak pulang tiba2 paket dirumah numpuk karena gak sadar banyak beli buku ke rumahnya πŸ˜†

      Delete
  4. Reka mantap ya, semangat bacanya ngebut banget :-D
    Segala macam buku dimasukin ke TBR .. :-D

    Btw, saya juga udah pernah install aplikasi ipusnas dan Ijak dari dulu, pernah liat juga buku-buku di dalemnya dan emang keren2 banget... tapi karena saya masih hobi numpuk buku bacaan di rumah, kayaknya baca buku digital nggak bakalan sempet, yang fisik aja masih banyak yang belum kebaca :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk Kak Edot...ini saya masih suka laper mata semua buku rasanya pengin dibaca tapi energinya terbatas.

      Hmm...soal numpuk buku saya kayaknya pernah liat koleksi buku Kak Edot lewat storygram dan emang banyak banget bukunya! Bener gak ya hehe koreksi kalau ternyata saya salah menduga πŸ˜…

      Delete
  5. Samaaa... Alasan utamaku pindah ke buku elektronik ya karena uang. Apalagi semakin hari semakin mahal saja harga buku fisik. Aku sudah tidak sanggup rasanya kalau mau tetap rajin beli buku. Cita-citaku dulu ingin membangun perpustakaan pribadi terpaksa kandas atau, yah, ditunda dulu sampai entah kapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu Kak Kimiii🀚🏻..waaaa samaan kak! Aku juga pengin punya perpustakaan pribadi malah sempet punya mimpi buka perpustakaan umum kecil di deket rumah πŸ˜‚..tapi siapa tau kak keinginan Kak Kimi bisa terwujud. Aku doakan! πŸ˜‰

      Delete
  6. Jadiii ini alasan kenapa Kak Reka kemarin tiba-tiba nanyain aku suka yang mana 🀣🀣🀣. Point-point yang Kakak sebutkan, aku setuju banget πŸ‘Œ
    Aku juga pindah digital karena budget dan tempat penyimpanan hahaha. Walaupun masih suka beli fisik, tapi setelah aku tracking kembali, buku yang aku baca via digital ternyata lebih banyak πŸ˜‚
    Mungkin di masa depan, perpustakaan udah lebih banyak nyedia-in komputer untuk baca dibanding buku fisik wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe iya Lii..eh bener juga ya kalo perpustakaan banyak menyediakan media baca legal lewat kompi sepertinya menarik, apalagi untuk yang ada di sekolahan. pasti seruu banget πŸ˜†

      Delete
  7. Alasan mata mudah lelah itu sih yang bikin aku maju mundur mau coba baca ebook lebih banyak wkwk, mau beli e-reader juga masih ragu-ragu. Repot nggakπŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener kak..terutama yang udah pake kacamata, sekarang ini aku juga gak bisa terlalu lama baca lewat hp kak berasa minusnya nambah gitu kalo kelamaan nangkring di depan hpπŸ˜…

      Delete
  8. sejak pandemi, aku jadi install dan baca ipusnas. tapi bacanya cuma yang ringan-ringan dan cepet selesai, karena mata gampang lelah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Siska..terima kasih sudah berkunjung kesini☺️

      Sepertinya rata-rata pengguna ebook mengeluh soal mata gampang lelah yaa..mungkin emang perlu dibatasi juga durasi membacanya 🧐

      Delete
  9. jadiii aku beli buku di gramedia digital karena aku pikir memang praktis, dan udah langganan premium, ehh belum kelar bacanya, pas udah mau baca lagi, nggak bisa diakses karena langganan abis. terus sebulan sempet off nggak langganan.
    kemarin kemarin ini aku perpanjang lagi dan baru lanjut baca beberapa halaman.
    dan aku baru tau kalau misal langganannya udah habis, meskipun buku udah di download tetep ga bisa dibaca ya?
    atau aku nya yang nggak paham ya. jadi kemarin tuh bertanya tnya sendiri gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Kak Ainun...kalau masa langganannya sudah habis otomatis buku yang sudah di unduh gak bisa kita baca..sayang banget yaπŸ˜…. Biasanya Kak Ai sharing atau untuk sendiri?

      Delete
  10. Kebetulan aku kayaknya punya privilege soal mata, karena aku beneran hampir ga pernah terlalu cepat lelah natap layar lama-lama. Mungkin terbiasa karena kerjaan juga harus di depan layar komputer seharian kali yaa... Cuma masalahku di baca lambat adalah aku cepat bosen hahaha... Kayak ga bisa diem melakukan satu hal yang sama selama lebih dari 1 jam (kecuali kalau kerja karena yaa harus wkwkwk)

    Setuju banget sama Reka, baca digital itu praktis! Ga usah bawa-bawa buku berat ke mana-mana, bisa nyimpen berapa pun banyaknya TBR ga usah mikirin rak udah ga muat. Dan kayaknya bakal lebih enak kalau udah punya e-book reader kayak Kindle atau Kobo yaa, masalah capek mata pasti lebih teratasi jadinya πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hebat kak...Kak Eya juga gak punya minus ya?? padahal dari SMA aku udah sering terpapar radiasi layar kompi, tapi kalo baca tulisan doang emang gak begitu kuat haha.
      nah!! E-reader salah satu alternatif jitu sih kak....mungkin kalo udah punya itu rasanya gak mau ngapa-ngapain lagi selain baca *lebaykamu* wkwkwkwk

      Delete
  11. Kelemahan lain saat baca buku digital adalah tulisannya kecil! Apalagi kalau bacanya di gramedia digital atau iPusnas yang formatnya emang kayak PDF. Beda kalo bacanya di Google Playbook di mana font sizenya bahkan font style nya bisa diganti sesuka hati. Tapi emang bener baca ebook itu hemat pengeluaran banget. Tapi ya gitu deh... kadang aku ga betah karena tulisannya kecil dan akhirnya malah bikin mata lelah. Kadang kala pengen beli tab gitu biar tulisannya bisa agak besar dgn layar yg lebar juga.

    Enak pake buku digital sih bisa dibawa ke mana aja dan dibaca kapan aja. Aku kalo udah mulai ngantuk saat kerja, suka baca-baca bentar hihihi X'D

    Btw, aku suka nih sama post yang ini. Kayaknya nanti kalau sempat pengin nulis postingan serupa XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mitt...long time no see!! Apa kabar?

      anyway...bener yang kamu bilang. Ada beberapa format baru di ipusnas tapi itu pun kalo kebetulan ketemu yang fontnya medium, gak terlalu kecil. Ada juga aku pernah ketemu Mit... tulisannya kayak foto kopi kertas yang tau kan struktur fontnya gak halus wkwkwk,yang ini parah banget sih. Semoga ke depannya 2 aplikasi itu bisa diperbaharui lagi ya..

      Glad to hear that! Aku juga senang bisa berbagi :D

      Delete
  12. iya mbak buku fisik engga tergantikan ya
    dan aroma buku yang khas itu sebenere membuat kita semangat baca buku
    pastinya baca buku ebook mudah lelah
    tapi ya gimana mbak
    covid makin parah dan kayaknya mustahil pergi ke perpustakaan huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Ikrom!

      untukku pribadi memang buku fisik susah tergantikan kak....akibat udah nyaman aja sih sebetulnya. Mungkin butuh penyesuaian yang lebih lama lagi, dan menyesuaikan kondisi juga. Anyway salam kenal kak dan terima kasih sudah berkunjung! :D

      Delete
  13. Soal numpuk TBR itu kejadian di aku waktu langganan GrameDig kemarin bareng Lia πŸ˜† akhirnya sampai sekarang ada 1-2 judul buku yg belum aku tuntaskan, padahal udah di'beli' dari sebelum lahiran wkwkwk

    Aku termasuk yg cepat lelah juga baca buku di hp huhu tiap baca digital aku harus mengaktifkan eye comfort mode di hape biar mata lebih rileks.

    Meski masih lebih senang baca fisik, aku nggak nolak juga untuk baca digital. Apalagi untuk buku yg aku tau mungkin nggak akan kubaca ulang, aku nggak perlu pusing soal penyimpanannya. Plus, nggak nyesal banget dari segi uang karena harganya lebih murah πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak aku semenjak pakai ebook ngerasa gitu..alhasil tbr menumpuk wkwkk. Apalagi sekarang iPusnas nambah banyak koleksinya huehehe.

      Yup aku setuju dengan Kak Jane..baik digital maupun fisik punya kekurangan dan kelebihannya masing2..butuh penyesuaian memang untuk membaca lewat ebook😁😁

      Delete
  14. Aku juga sudah sering baca buku digital, tentunya yg legal, hehe..
    Biasanya di Google books atau di iPusnas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Do..lumayan menghemat tempat juga hehehe.

      Delete
  15. Saya kayaknya membiasakan diri baca buku digital sejak 2017, beberapa bulan setelah iJak dan iPusnas rilis. Tapi, saya akui masa peralihan itu sulit banget. Saya masih tak bisa terlepas dari buku fisik. Baru benar-benar terbiasa sekitar 2020, tepatnya sejak pandemi. Saya kini malah hampir lupa sensasi baca buku fisik, apalagi momen menciumi aroma kertas, karena beberapa tahun terakhir memang selalu baca buku digital.

    Persoalan pindah-pindah buku sering saya lakukan. Sehari pernah pinjam langsung 5, dan bisa langsung habis hari itu juga. Biasanya ini yang dipinjam buku kumcer, puisi, atau komik. Namun, adakalanya saya juga enggak ada yang selesai. Entah kenapa. Mungkin lagi kurang mood baca.

    Alasan saya pindah-pindah biasanya lantaran bosan dengan gaya penceritaannya, atau suasana di cerita itu menyedihkan atau kelewat suram dan enggak bagus buat kesehatan mental, jadi perlu cari yang lebih asyik. Dulu, saya juga kayak kamu tuh, mesti kelar satu buku dulu baru pindah. Sekarang mah kalem. Baca sesukanya aja. Apalagi pengalaman baru-baru ini, selama baca novel 600 halaman, saya juga sempat selingkuh sama 5 buku lain. Terus 5 buku itu kelar duluan. Haha.

    Terkait yang ilegal, kadang kalau betul-betul kepepet karena buku itu belinya mesti di luar negeri, ongkos kirim mahal, atau hal lain apalah yang bikin saya terpaksa unduh bajakannya, saya coba maklum atau memberi pengecualian sama diri sendiri. Toh, biasanya kasus ini terjadi sama buku yang penulisnya sudah meninggal, tapi saya enggak yakin punya cukup umur buat menunggu karyanya bebas hak cipta. Anggaplah baru jadi publik domain sekitar 30 tahun lagi. Haha. Mending sekalian aja nabung dan beli buku itu walau mahal banget kan. Cuma kan saya pengin bacanya saat itu juga. Seandainya buku itu bagus, suatu hari saya tentu enggak keberatan buat membelinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selingkuhannya banyak juga ya hahaha.

      Jujur.. Saya masih susah kalo baca banyak buku berbarengan...kadang bikin cepet lupa sama cerita yang lagi dibaca wkwkwk. Tapi sama kayak Kak Akbar, ada kala-nya disamping membaca buku berat di selingi membaca buku yang lain atau biasanya kalo saya cari alternatif lagi ;misalnya nonton film :D

      Delete
  16. Woahh Kak Reka! Berkat tulisan Kak Reka ini, aku jadi tahu, kayaknya aku tipe yang polygamist reader deh! Soalnya bener banget, aku tuh nggak bisa stay di satu buku doang. Apalagi kalau jumlah halamannya udah 200+. Susah banget untuk selesai satu. Aku juga tergelitik karena list bacaan aku itu banyak tapi susah untuk selesai.

    Tapi belakangan, aku udah bisa menyelesaikan list-list bacaan aku kak. Ternyata emang genre yang aku suka nggak jauh-jauh dari buku-buku self-improvement, buku non fiksi dengan pembahasan economic gitu juga masih bisa aku tolerir.

    Well, aku prefer scribd Kak Reka, sebab nggak ngantri kayak di ipusnas huhuhu :( Nggak kuat deh kalau kudu ngantri, apalagi ribuan gitu yang ngantri.. Hadeehhh...

    Nggak penting juga ini kak, kalau aku baca buku digital kan nggak ketahuan sama si Ibu aku hahah... Kalo pas baca buku fisik gitu ntar ketahuan sama Ibu karena pasti aku lagi-lagi belinya buku. Apalagi kalo pas misal sebulan ada 2 atau 3 paket buku yang dateng ke rumah. "Kamu beli buku lagi?!!" Hahaha... So, plusnya baca buku digital versi aku adalah itu Kak Reka, menghindar dari kemarahan si Ibu.. Haahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi Syifa...memang ada kok tipe pembaca seperti itu hehe. Buku-buku dengan topik Psikologi mungkin memang pas buat Syifa :D

      ah betul banget! fitur scribd juga lebih nyaman dan jarang error. Ipusnas belakangan ini akun ku suka ter-log out sendiri Syif. Baca disana gak nyaman juga jadinya. Tapi ya di tahan -tahan aja dulu deh wkwk.

      yaampun Syif..sebetulnya aku juga sama kayak kamu. Tapi sekarang orang tuaku udah masa bodo haha. udah capek ngomelinnya, dan karena udah beli pake uang sendiri juga XDD.

      Delete
  17. Sekarang saya juga seringnya baca buku digital daripada buku fisik. Sampai sempat kepikir mau beli gadget ereader khusus saking kecanduannya baca buku digital, hihihi.

    Dan saya juga dulu tipe pembaca yang harus selesai satu buku dulu baru berpindah ke buku lain, etapi sekarang juga sudah jadi polygamist reader juga XD

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

About my Favorite Webtoon

Perfect Blue (1998): Bukan untuk Sembarang penonton