Booksmovies of the Month: Chapter 01

Hola oktober, selamat tinggal September. Gak terasa sudah memasuki bulan ke 10 di tahun 2020. Apa kabar kalian semua? Reka berharap pembaca blog rekamairan tetap dalam keadaan sehat rohani dan jasmani ya. Well, segmen intermezzo sebetulnya udah pernah Reka tulis dengan subtema yang serupa, masih dalam lingkup buku dan hiburan lainnya, semoga segmen ini (ragu-ragu) tidak hilang timbul dalam blognya rekamairan. Booksmovies, adalah subtema yang membicarakan seputar buku dan film yang Reka rangkum setiap bulan.

Oke, langsung aja dibahas daripada ngabisin waktu.

 

BOOKS (novel)

RAINBIRDS oleh Clarissa Goenawan


Novel Rainbirds mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Ren Ishida yang berkelana menuju kota Akakawa untuk membantu penyelidikan polisi atas kematian kakaknya, Keiko Ishida. Selama tinggal di kota Akakawa, Ren mendapati bahwa kakaknya telah menyimpan misteri tentang kehidupannya selama ini. Setelah ia mencari tahu apa yang terjadi pada Keiko, Ren menyadari bahwa ternyata ia tidak begitu mengenal seperti apa dan bagaimana sosok kakaknya. Lalu datanglah penawaran aneh yang diberikan oleh politikus terkenal kepada Ren, menjadi petunjuk akan kematian Keiko yang kemudian benang kusut pada kasus tersebut berlanjut secara beruntun melalui orang-orang yang berada di sekitar kehidupan Ren.

Tulisannya mba clarissa goenawan langsung menancapkan panah dengan tepat kearah hati Reka, diksi dan alur yang ditorehkan Penulis melalui novelnya, Rainbirds  entah kenapa memberikan sensasi seperti “love at the first sight”, hahaha ini agak lebay. Tapi, betulan deh, kalau Reka udah suka sama gaya penulisan penulis lokal maupun mancanegara, pasti bakalan membekas banget di otak dan gak bisa berhenti untuk ngomongin novel tersebut.

Novel rainbirds ini enak banget dibacanya, sangat luwes. Gak ada kalimat yang membuat Reka bingung selama membaca. Cerita yang dibawakan dan karakter tokoh novel Rainbirds langsung mengingatkan Reka dengan karakter tokoh dalam novelnya bapak Haruki murakami, mungkin penulis terinsipirasi dari beliau.  Rating Reka untuk novel ini adalah 4/5, untuk kalian penyuka cerita misteri, novel Rainbirds bisa menjadi pilihan list tambahan buku dibulan oktober.

 

VE oleh Vinca Callista


Lagi, belakangan ini Reka sedang kasmaran sama penulis lokal. Alhasil, salah satu karyanya mba Vinca yaitu VE menjadi pilihan bacaan Reka dibulan September. 

Novel VE menceritakan tentang seorang gadis bernama Ve berusia 18 tahun mendapati ibu nya telah meninggalkan rumah. Kejadiannysa begitu mendadak, dan Ve sama sekali tidak mengerti apa yang sudah terjadi pada ibunya. Ve menyakinkan diri bahwa ibunya tidak mungkin tega meninggalkan Ve dan juga suaminya. Mendengar ibunya kabur bersama “kekasih” nya di London, Ve semakin yakin bahwa peristiwa itu tidak mungkin terjadi, ia bersikeras menyangkal pernyataan yang ia dengar dari Ayahnya.

Ayah Ve sangat terpukul dengan berita tersebut, kemudian mengajak Ve untuk tinggal di rumah Nenek (ibu dari Ayah Ve) sementara waktu upaya menenangkan diri. Konflik kecil hingga besar kemudian terjadi ketika Ve tinggal dirumah neneknya, Ve merasa sangat tidak nyaman dengan sikap dan perilaku neneknya yang ternyata memiliki pandangan bahwa perempuan tidak boleh sejajar dengan laki-laki, perempuan untuk apa sekolah tinggi-tinggi. Semenjak mengetahui sikap aneh dari sang Nenek, Ve memikirkan bagaimana caranya agar bisa keluar dan tidak berhubungan lagi dengan keluarga dari Ayahnya.

Cukup semalam saja menyelesaikan novel ini. Reka menyukai isu yang diangkat oleh penulis dan bagaimana ia menggambarkan sosok nenek Unung yang memiliki keyakinan bahwa perempuan harus begini dan begitu, harus mematuhi apa pun yang diperintahkan. Menariknya lagi, novel VE menggunakan sudut pandang orang kedua. sepertinya penulis berhasil membuat Reka geram dengan karakter Doni (ayahnya Ve) pada konflik akhir dari cerita di buku ini. Tapi…..Reka tidak merasakan puncak ketegangan dari kisah perjuangan Ve yang sudah digambarkan oleh penulis, Reka terlalu menaruh harapan tinggi pada label “urban thriller” yang tertera di cover bukunya. Dibanding thriller suspense, novel VE lebih kuat dengan unsur drama misteri yang mungkin dapat menggoyahkan emosi beberapa pembacanya.

Reka beri rating 3.7/5 untuk novel VE. 2 buku diatas bisa diakses melalui aplikasi iPusnas. Selamat membaca!

 

MOVIE TIME

All around you…………..

 

LAW ABIDING CITIZEN

Apa yang akan dilakukan seseorang jika menjadi saksi mata atas kasus pembunuhan keluarganya sendiri? Clyde Shelton menjadi satu-satu nya saksi mata pada saat pembantaian terjadi di rumahnya, dimana isteri dan puterinya tewas ditempat. Kedua terdakwa atas kasus pembantaian tersebut dibawa ke pengadilan dengan hukuman yang tidak memuaskan rasa kesal yang dialami oleh Clyde. Ia sangat kecewa terhadap hasil akhir dari sidang tersebut. Clyde menaruh harapan tinggi pada Jaksa penuntut umum yang tengah naik daun, yaitu Nick Rice upaya pelaku tersebut bisa diberikan hukuman yang setimpal. Nyatanya Rice tidak menemukan titik cerah dari kasus tersebut, ia kesulitan dalam menemukan bukti yang kuat. 

Namun, nasib buruk terus membuntuti hidupnya Clyde, hasil akhir persidangan adalah Darby (tersangka utama) hanya dijerat hukuman 5 tahun penjara. Masalahnya si Clyde ini melihat dengan mata kepalanya sendiri kalau Darby menusuk istri dan anaknya hingga tewas, tapi Rice yang tidak menemukan bukti kuat atas pernyataannya Clyde,  bisa membantu dengan apa tanpa bukti? jika tidak terdapat bukti konkret yang kuat,  hukuman akan berjalan sesuai dengan bukti yang sudah terkumpul selama persidangan.

“ya begitulah sistem hukum dan peradilan kita bekerja”  (ucapan Rice kepada Clyde). Pada akhirnya Clyde yang harus menerima semua kenyataan bahwa hukum bekerja pada pembuktian yang ada di ruang sidang. Ia harus menerima hukuman yang dijatuhkan pada Darby. Sejak hari itu dan setelahnya terror pun dimulai.

Darby ditemukan tewas dengan mengenaskan dan terror pembunuhan terus berlanjut.

 

Reka gak berniat untuk spoiler ya, ini kilasan garis besarnya saja. Sepertinya isu yang diangkat dalam film Law Abiding Citizen sudah cukup banyak kita lihat, bukan hanya di dunia fiksi saja tapi, cerita yang diangkat bisa juga terinspirasi dari kondisi nyata dalam sistem hukum di dunia. Perilaku Clyde setelah sidang berakhir mengisyaratkan apa alasan dibalik perbuatannya yang tidak manusiawi. Kalau boleh jujur, baru pertama kali saya merasa kasihan dengan pemeran antagonis. Ya memang pilihannya Clyde itu bukan hal yang harus dimaklumi atau bahkan dihargai, tapi dengan membayangkan hidup berada dalam posisi Clyde  membuat saya geram sekaligus miris. Apakah sistem hukum harus berjalan seperti itu? 

Keseruan dan gregetnya film LAC  baru dimulai setelah Clyde melancarkan rencananya terhadap Rice dan kawan-kawan. Ia begitu piawai dan cerdik dalam memainkan taktik yang ia beberkan begitu saja di hadapan Rice. Saya, sebagai penonton terbawa emosi setelah melihat perbuatannya Clyde, dia menyebalkan tapi cerdas gitu lho saya jadi bingung harus mendukung siapa di film ini. teruntuk kalian yang menyukai film yang bersingunggan dengan dunia hukum, thriller psikologisnya nyata sekali , Law abiding citizen memiliki semuanya, Reka kasih rating 8/10 untuk film ini. 

 

INTRUDER

    Horror yang bukan sembarang horror

 

Seo Jin (Kim Moo yeol) adalah seorang arsitek yang sukses dan terkenal, ia memiliki istri dan satu puteri. Sayangnya, sang istri merupakan korban tabrak lari yang terjadi pada 6 bulan silam, sejak kejadian itu Seo jin mulai mengalami gejala trauma yang parah. Ia dan puterinya memutuskan untuk tinggal kembali bersama orang tuanya. Selang beberapa waktu, Seo jin mendapat kabar dari sebuah panti asuhan bahwa mereka menemukan adiknya (Song ji hyo) yang hilang 25 tahun lalu. Akhirnya mereka bertemu satu sama lain, tingkah Seo jin masih terasa canggung ketika pertama kali bertemu dengan adiknya. Setelah bertemu adiknya dan tinggal bersama, Seo jin menemukan hal aneh semenjak Yoo jin kembali ke rumahnya. Keanehan itu ditemukan pada tingkah laku orang tua dan juga puteri Seo jin, walau hanya berdasarkan pada feeling, namun Seo jin bisa merasakan bahwa yoo jin bukan adik kandungnya yang hilang, lalu siapa sebenarnya  Yoo jin?

Pada akhirnya Seo jin memutuskan agar ART-nya memata-matai Yoo jin, alhasil justru pembantunya yang menghilang secara tiba-tiba. Sejak kejadian itu, konflik aneh semakin menjadi-jadi. Tingkah laku Yoo jin yang tidak bisa lagi diberi toleransi, Seo jin memilih untuk menyelidikanya sendiri, apa yang terjadi pada keluarganya dan siapa identitas asli dari Yoojin.

Film yang rilis pada Juni 2020 lalu berhasil membuat Reka penasaran, seperti apa sih tensi tegang yang diberikan pada film Intruder. Reka cukup terkesan dengan pemilihan isu yang diangkat. Intruder bukan sekedar misteri horror biasa namun juga dibalut dengan isme yang bisa kita lihat melalui tato yang ada pada tubuh Yoo jin dan beberapa tokoh lainnya. Paham isme yang disinggung dalam film ini berkaitan dengan pemujaan dan pensucian pada orang yang sudah dipilih oleh kelompoknya.

Kalau menyinggung soal akting dari kedua pemeran utama kayaknya sudah bisa ditebak ya, abang Moo yeol sering banget saya lihat di beberapa film misteri thriller kayak gini. Terutama yang paling diingat adalah peran dia di dalam film forgotten. Mba Song ji hyo dengan karakter kuat di wajahnya sudah cukup menggambarkan antagonis yang sesungguhnya. TAPI…..saya agak keciwa dengan eksekusi karakter Yoo jin di akhir cerita. Kenapa mesti begitu?

Reka bisa memberikan rating 7/10, persoalan ending tidak pernah usai dibicarakan oleh para pecinta film, walau kurang puas dengan apa yang terjadi dengan Yoo jin diakhir tapi semua terbayarkan dengan akting para tokoh dan ceritanya yang menegangkan. 


*Segitu dulu rangkuman buku dan film Reka di bulan September. Buku dan film yang Reka nikmati di bulan ini hampir semuanya berbau misteri,thriller. Kalau kalian, sudah baca atau nonton apa saja dibulan September? Reka juga mau minta rekomendasi film dari pembaca sekalian, silahkan tinggalkan jawabannya di kolom komentar :>

Sampai jumpa di postingan selanjutnya!

Comments

  1. Kak Reka, dari semua list yang kakak sebutkan, aku baru pernah baca Rainbirds aja dan aku juga suka dengan ceritanya! Lalu, langsung jatuh cinta dengan Clarissa Goenawan tapi belum kebeli nih buku ke-2nya 😂

    Btw, film Intruder sepertinya seru apalagi yang main Jihyo. Aku belum pernah nonton film dan drama yang Jihyo mainkan, cuma nonton Jihyo di Running Man aja jadi nggak tahu apakah kalau nonton film Intruder ini akan mampu mengubah impression aku ke Jihyo karena Jihyo di mataku kocak gitu 🤣

    Bulan September ini, aku kebanyakan baca buku sih, Kak hahaha. Jadi, nggak bisa rekomendasiin film deh buat Kak Reka 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga pengin beli buku keduanya lii, di gramdig baru ada yang inggris :( iya kaan, tulisannya dia enak banget dibaca entah kenapaa

      bagus li, kalau kamu suka thriller hehe. Jihyo aktingnya agak menyebalkan sih disini, tapi karena dia cantik ya gpp deh (lohkok)

      Eh apa rekomendasi buku darimu, aku lagi butuh bacaan yang agak menantang otak wkwkw boleh sharing liia

      Delete
    2. Di Gramdig ada Kak? Bisa dibaca gratis? Aku baru tahu 😂
      Iya, tulisannya enak, terjemahannya juga bagus jadi nyaman banget saat membacanya 😍

      Huahaha tetap ya, kecantikan seseorang dapat mengalahkan segalanya 🙈

      Wah, apa ya 🙈 bacaanku di bulan lalu yang paling berkesan sih Aroma Karsa, Kak. Kalau bulan ini, buku yang berkesan A Feminist Manifesto sama di Tanah Lada. Semuanya baguss, Kak Reka udah pernah baca?

      Delete
    3. tidak gratis, sayangnya :P dan baru ada yang versi inggris.
      Aroma karsa tuh bener-bener sebagus itu ya? aku mau baca tapi belom bisa kebeli buku nya -_- tanah lada?! aku pernah baca tapi rasanya belom tuntas hahahaha. kebiasaan aku belom selesai 1 kadang-kadang beralih ke buku yg lain

      Delete
    4. Sad!! Hahaha yauda nunggu gratisan aja di Gramdig #lho

      Bagus Kak, tapi kalau dibilang "sebagus itu", aku juga nggak yakin karena buku yang aku baca untuk genre fantasy belum sebanyak itu tapi so far Aroma Karsa memang baguss :D
      Di Tanah Lada ceritanya sedih Kak hiks. Kurang cocok ya makanya ganti buku lain? Hahaha

      Delete
    5. Eh kan bisa li patungan gramedia digital,aku lagi coba ini hahaha. Di tanah lada aku baca cuman pas di tengah cerita gak fokus kepikiran novel yg lain gitu 😅

      Delete
  2. Bukunya ntr aku coba cari juga ah mba. Blm pernah baca tulisan vinka dan Clarissa. Asik nih, dpt referensi penulis yg blm pernah aku tau. Aku suka baca soalnya, dan bikin target sendiri stiap Minggu baca 1 buku. Sept kemarin, rata2 buku yg aku baca ttg kerajaan Inggris dan novel ringan dari temen blogger yg nerbitin buku.

    Filmnya penasaran yg law abiding citizen :D. Ini suamiku udah nonton, tapi aku blm. Dia juga bilang bagus banget. Apalagi yg main kawakan semua.

    Kalo yg film Korea, ntr deh, soalnya skr aja aku lg marathon banyak drakor hahahahah. Ntah kenapa aku LBH suka drakor drpd film Korea. Bbrp kali nonton film Korea, feel-nya msh biasa aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba fanny :) terima kasih banyak sudah berkunjung kesini :))
      aku merekomendasikan rainbirdsnya untuk mba baca hehe. wah kerajaan inggris ya, apakah nonfiksi? aku belum pernah baca buku yang bertema sejarah.

      LAC memang bagus mba, segitu bagusnya aku jadi mengulang film ini lagi, plotnya mungkin sudah biasa tapi karakter Clyde disini membuat cerita semakin hidup hehe

      Delete
  3. Saya cuma tau Intruder, mba 😆 hehehe. Filmnya semi thriller tapi memang nggak begitu menyeramkan compare to film lainnya. Lebih ke tegang dan penasaran sebenarnya dia siapa hehehehehe 🤣

    Kalau sekarang saya lagi menonton Emily in Paris, mbaaa ~ mungkin mba Reka tertarik menontonnya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh kak Eno, emily in Paris lagi banyak di omongin juga di twitter hehehe, aku baru baca sinopsisnya aja :p

      Delete
  4. Dari semua list cuma Intruder yang udah pernah ditonton. Emang kisah horrornya beda banget film ini.

    List2 bukunya juga menarik nih, belom pernah baca sama sekali deh buku dari penulis ini. Nanti aku mau coba cari ah buku2nya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba tika terima kasih sudah berkunjung kembali :) hehe iya bagus novelnya rekomen buat yg suka baca thriller 👍🏻

      Delete
  5. Tertarik nonton Law Abiding Citizen.
    Buku-buku yang ditulis kebetulan belum baca nih. Makasih rekomennya mba. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus mba LAC hehe. Iya silahkan dibaca dan ditonton. Terima kasih ya sudah berkunjung ke blog Reka :))

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

About my Favorite Webtoon

Perfect Blue (1998): Bukan untuk Sembarang penonton