3 Rekomendasi Podcast - Pengisi Hari Suntuk

Hai hai. April 2020!
Apa kabar semuanya?

Semoga hari kita selalu disertai dengan kebaikan dan dikelilingi orang orang yang disayangi. Walaupun keadaan bumi sedang dilanda musibah-Covid 19 bukan berarti aktivitas otak dan fisik jadi lesu ya. Tetap semangat, kalian, kita semua!

Nah di segmen Kolom Cerita kali ini Reka mau berbagi informasi seputar dunia podcast spotify. Beberapa bulan lalu Reka mendapat info melalui salah satu blogger, mba farbooksventure yang membahas podcast menarik yang bisa dijadikan referensi sebagai ilmu baru dalam dunia Literasi dan Seni. Karena hal itu, ada 3 Podcast yang menarik perhatian Reka untuk dibahas lebih lanjut. 



Podcast Buku Kutu  
Podcast Buku Kutu adalah podcast yang berisi tentang Review buku dari genre apapun, yang acara nya dipandu sama kak Aditya Hadi Pratama.  Siniar ini dilakukan oleh satu podcaster dan berfokus pada satu pembahasan buku. Podcaster akan memberikan alasan mengapa buku-buku yang terpilih menjadi topik bahasan dan kemudian akan dilanjutkan pada pembahasan review buku.

Acara podcast buku kutu yang dibawakan oleh Kak Aditya,bisa dikategorikan Review yang ringan dan santai. Penjelasan pada ulasannya tidak terlalu panjang dan mudah dimengerti, sehingga teruntuk kalian yang suka dengan ulasan ringan dan padat, Podcast Buku Kutu bisa jadi salah satu kandidat list Podcast kalian. Sampai saat ini sudah ada 114 Episode, di mana semua episode tersebut memang hanya membahas tentang buku saja. Ada di beberapa episode khusus (rangkuman rekomendasi) yang membahas daftar buku apa yang bisa dijadikan referensi membaca dari tamu yang diundang atau dari para penggiat literasi. Dan, kalian bisa mengajukan saran, buku apa yang ingin kalian bahas di dalam Podcast Buku Kutu.

Episode baru dari Podcast Buku Kutu tayang setiap Senin, Rabu dan Jumat. Jadi, selamat mendengarkan!


Podcast Main Mata  
Untuk podcast yang satu ini, gak jauh beda sama podcast buku kutu. Bedanya, mereka membuka beberapa segmen lain yang masih berkaitan dengan dunia literasi. Podcast main mata, juga fokus membahas seputar buku dan bacaan yang disampaikan oleh para penggiat literasi disertai ulasannya.

Perbedaannya disini adalah, mereka memiliki segmen khusus lain bernama #PembacaMenulis – Cerita pendek. Segmen tersebut mengajak para pembaca untuk ikut menyampaikan atau menyumbangkan karyanya dalam bentuk cerita pendek. Setiap episode akan ditentukan melalui tema yang berbeda, setelah itu semua cerpen yang terpilih akan langsung dibacakan oleh podcaster Main Mata. Gimana? Berminat untuk coba?

Selain itu, podcast main mata juga cukup sering mengundang bintang tamu dari berbagai kalangan untuk membahas buku yang akan di review, ulasannya juga mudah dimengerti. Pokoknya buat yang suka buku,dan dunia literasi, Podcast Main Mata bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi kekosongan di hari suntukmu! 
Rekomendasi Buku baru terbit & akan terbit April 2020


Coming Home with Leila Chudori
Mengundang tokoh-tokoh dan penulis-penulis kondang Indonesia dan berbincang tentang pilihan buku dan menggali lebih dalam tentang proses kreatif mereka.

Thanks to farbooksventure telah mempertemukan saya dengan podcast yang informatif ini.

Podcast yang dibawakan oleh Mba Leila chudori telah sukses membuat Reka betah untuk berlama-lama mendengarkan podcast Coming home di setiap episodenya. Pembahasan seputar buku yang mendalam, bertukar opini tentang buku yang direkomendasikan, berbagi perspektif dari masing-masing pembaca, dan isi pembahasan yang sangat menarik dari segi karakter tokoh, plot cerita dan bagaimana bintang tamu dapat mencerminkan elemen elemen pada tokoh yang diceritakan dalam buku.

Durasi di setiap episode relatif panjang, karena obrolannya bukan main-main, betulan dari mata turun ke hati. Pertanyaan –pertanyaan yang diajukan oleh mba Leila kepada para bintang tamu juga seringkali menjadi poin menarik untuk diikuti. Seperti hal nya pada episode Dian Sastrowardoyo dan Nova Riyanti Yusuf adalah salah dua dari sekian episode yang membuat Reka semakin tergugah dengan dunia perbukuan. Cocok banget untuk kalian yang gemar mendalami topik secara gamblang bersama dengan para bintang tamu yang keren-keren abis!

Nah, udah penasaran belum? Cus langung di cek Spotifynya, dan Find them on your spotify!

Jikalau ada yang punya rekomendasi Podcast lain seputar dunia buku, literasi dan seni bisa isi kolom Komentar dibawah ya~

Quick Notes!

Podcast Buku Kutu dan Main Mata terintegrasi oleh Podluck Podcast. Yuk bisa cek langsung di instagramnya!  Podluckpodcast

Comments

  1. Seru ya mba Reka kalau menemukan inspirasi-inspirasi baru dari Podcast :D saya pribadi masih sangat jarang dengarkan podcast, dan belum punya favorit yang bisa saya rekomendasikan. Hanya sesekali dengan podcast keuangan dari beberapa pakar, dan podcast Garyvee yang sangat terkenal :D

    Selamat mendengarkan podcast mba, semoga semakin banyak ilmu yang bisa mba Reka dapat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya betul kak. demi mendapatkan inspirasi dalam menulis, buat aku dengerin podcast mereka cukup membantu :'D

      Delete
  2. Kalo aku beberapa kali ngedengerin podcast kepo buku, hostnya lumayan fun gitu pas ngereview. Jadi ada aja bahan buat ketawa hahaha.

    Wah kalo dengein Leila Chudori udah the next level sih. Jadi penasaran sama yang episode Dian Sastrowardoyo juga! Masukin ke list podcast jugalah. Berat nggak pembahasannya mbak Reka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mau aku coba dengerin juga sih, hehe.

      Bener. Pembahasannya diulik banget, dari yg ringan sampe bikin mikir. Kalau yg episode nya Dian, lumayan sensitif karena yg dibahas bukunya J.D salinger catcher in the rye~

      Delete
  3. Sejauh ini, jujur aku belum pernah dengerin podcast.
    Tapi rekomendasinya akan kudengerin buat nambah wawasan.

    Terimakasih infonya, ya.
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau suka dunia literasi, podcast diatas bisa coba di dengerin :>

      Sama sama kak, terima kasih kembali sudah berkunjung dan membaca blog Reka

      Delete
  4. Aku baru tau kalo ada yang bahas buku di podcast mbak, mau nyoba dengerin juga. Aku mah biasanya dengerin podcast yang genrenya self improvement gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, betul. Selamat menjelajahi dan mendengarkan podcast! Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  5. Terima kasih rekomendasinya kak. Akhir-akhir ini lagi mulai dengerin podcast cuma lebih sering denger tentang self-improvement dari luar. Kalau podcast Indonesia belum tau yang bagus apa. Kebetulan lagi pingin banyak belajar tentang literasi di Indonesia jadi podcast di atas bisa jadi acuan saya.

    ReplyDelete
  6. Aku lagi mencari-cari juga podcast yang membahas tentang self improvement, tapi belom dapet yg cocok hehe. Iya kalau mau membahas literasi yg agak mendalam podcastnya mba leila chudori bisa jadi salah satu pilihannya, menurutku ✌

    Sip, selamat mendengarkan podcast! Terima kasih audah mampir di blog Reka :')

    ReplyDelete
  7. wah aku suka banget sama cominghome with leila, selain leila s chudori penulis fav aku bintang tamunya jg oke2.. pembahasannya sih kadang berat tapi berasa kebawa juga sama aura kecerdasan didalamnya hahah.... coba ini juga deh nis kepo buku, asik juga sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cominghome udah jadi favorite banget sih kak, bintang tamu nya itu kadang bikin aku minder sendiri wkwkk. Ah kepo buku aku baru dengerin juga tuh akhir2 ini. Boleh juga kalo ada rekomendasi podcast literasi ya kak di share hehe :D

      Delete
  8. Hai, aku juga suka mendengarkan podcast Buku Kutu dan Main Mata ♡_♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Desti! Terima kasih sudah balas berkunjung ke blog Reka. kedua podcast yang kakak sebutkan juga menjadi podcast favoritku :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

About my Favorite Webtoon

Perfect Blue (1998): Bukan untuk Sembarang penonton