Raymond Carver Terkubur Mi Instan di IOWA oleh Faisal Oddang

Penulis : Faisal Oddang
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia
Cetakan Pertama: Maret 2019
ISBN : 978-602-481-131-0
113 halaman


Blurb :
Raymond Carver ditemukan meninggal dalam keadaan telanjang. Dia terkubur mi instan di salah satu kamar Iowa House di Iowa City. Tiga puluh tahun setelah kejadian itu, Ray- seperti kebanyakan orang memanggilnya, diberitakan meninggal karena kanker paru-paru, tepatnya pada hari kedua bulan Agustus tahun 1988. Namun itu palsu!


Kilas balik gue tertarik dengan buku ini
Siapa yang udah kenal sama Penulis lokal satu ini? Faisal Oddang. Gue sendiri sering mendengar namanya, namun ini adalah kali pertama membaca novel beliau. Awal mula karena ukuran dan design cover buku yang cukup menarik perhatian. Covernya agak aneh sih,jujur bahkan gue punya firasat aneh juga sama novelnya. Tapi karena itu, gue jadi tertarik buat beli dan langsung baca novel tipis ini selama 1 jam lamanya~

Ulasan isi Buku
Kalimat dan bahasa yang digunakan Faisal di dalam novel terbilang simpel, narasinya gak banyak, dan gak muter-muter karena kisahnya ditulis hanya sebanyak 113 halaman.

Intinya menceritakan kisah sang tokoh “Kamu” seorang penulis amatir yang tiba-tiba bertemu dengan seorang penulis ternama yaitu “Raymond Carver” dalam kondisi mabuk berat dan meminta suatu permintaan aneh, menghabisi nyawanya kepada tokoh Kamu. Permintaan Raymond bukan permintaan biasa, tidak main-main, dan ada upah menggiurkan jika sang tokoh Kamu dapat melaksanakannya dengan baik. Namun dibalik permintaan Raymond, ternyata ada maksud dan alasan dibalik permintaan tersebut yang membuat tokoh Kamu bisa mengerti perlahan mengapa Raymond ingin permintaan anehnya dikabulkan oleh Kamu.

Selama membuat perencanaan pembunuhan, tokoh Kamu agar permintaan Raymond terealisasikan, mereka berdua banyak berbincang soal hidup Raymond dan juga proses penulisan novel dari Kamu. Raymond memiliki ketertarikan yang dalam dengan Mi instan Indonesia, ia sangat menyukainya karena memakan mi tersebut mengingatkan dia dengan masa lalu bersama istri pertamanya. Raymond memiliki masa lalu yang kelam, tempat tinggal terdahulunya pun memiliki kondisi yang sangat buruk.

Sepanjang tokoh Kamu mengenal Raymond dengan cukup dekat, Raymond banyak menceritakan tentang dirinya, mereka agak sedikit menjadi akrab. Hingga pada suatu hari…Kamu dikejutkan dengan mimpinya yang memang benar-benar terjadi, iya mimpinya jadi nyata atau seolah hidupnya seperti dikendalikan?

(((((((((( udah ya. Gue gak ingin spoiler, karena tau buku ini super tipis dan singkat, gak bakalan seru kalau gue kasih tau kejutan-kejutannya))))))))

Kesan dan Pesan dari Keseluruhan Buku
Ini review jujur ya, jujur. Oke. Gue gagal paham sama ceritanya tapi gue suka dengan kebingungan yang telah berhasil masuk ke dalam otak gue. Selama membaca novel ini ya bener-bener ngalir aja, gak ada yang bikin gue terlalu bertanya-tanya. Cuma satu pertanyaan gue : “siapa sebenarnya tokoh KAMU disini?”. Tokoh kamu ini sangat janggal menurut gue. Seakan-akan ada 2 tokoh kembar disini, dan Saat Tokoh Kamu di tulisakan “aku” membatin pada dirinya sendiri, ini juga aneh menurut gue. Seakan nyata dan terbagi dalam 2 dunia, begitu juga dengan tokoh Clevie sang tokoh utama yang ditulis oleh Kamu dalam cerita yang tengah dibuatnya, seakan mereka benar-benar hidup berbarengan. Yah udah pokoknya begitulah ulasan yang bisa gue sampaikan. Perlu di baca berulang ulang mungkin akan bisa lebih paham.

Pesan yang didapat : 
Nah bingung gue. Apa pesan dalam buku ini yang bisa diambil? Kira-kira, menurut gue mungkin adalah kita perlu menyadari betul  perkara kenyataan dan kehidupan yang sedang kita jalani, apakah kehidupan kita sejalan dengan kenyataan? Atau sebaliknya, justru banyak yang tidak sejalan? Atau mungkin kenyataan yang menghidupkan kehidupan?  Atau kehidupan ini adalah omong kosong dari kenyataan-kenyataan yang ada---------////notresponding

Dan perlu juga untuk tidak sembarangan memberikan kepercayaan kita pada siapapun orang yang baru saja kita kenal, awal perkenalan antara tokoh Kamu dan Raymond saja sudah gak beres. Masa lo ketemu orang, terkenal, pejabat, atau siapapun dia, minta lo buat ngebunuh dia dengan sebagai gantinya adalah dibayar dengan upah tinggi. Apa maksudnya? Secara gak sengaja si Raymond ini membuat orang lain merugi atas permintaannya yang no make sense, walaupun dia di bayar, tetep aja dia aneh. Dan setelahnya, kehidupan si Kamu ini malah makin aneh.


Mungkin ada satu kalimat yang menarik disini 

“kita kadang berkuasa dan menentukan hidup orang lain tanpa sadar kita melakukannya, atau tanpa peduli bahwa yang kita lakukan adalah sesuatu yang berarti cukup besar bagi mereka meski hanya hal sepele bagi kita. Seperti yang kamu lakukan pada saya” (hlm. 109)

Jadi intinya apa Pesan yang didapat?
Coba kalian baca novelnya sendiri dan sertakan pendapat atau review versi kalian para pembaca, kira-kira menurut kalian adakah Insight yang bisa didapatkan dari novel Raymond Carver Terkubur Mi instan di Iowa?


Selesai – ulasan kali ini agak aneh, dan sebetulnya gue juga masih belum paham dengan benar tentang maksud dari novel ini. Atau novel ini sebenernya gak perlu di analisa? Just read on, with your creation free? Jujur. Disini gue membutuhkan teman untuk membicarakan tentang novel ini. Just giving me your opinion, kalau ada yang sudah baca dan ingin menuangkan pendapatnya, dipersilahkan ya!

Comments

  1. Agak njelimet ya alur dari novel ini kayanya, aku malah bayangin dari review kamu ini tokoh kamunya itu seakan digambarkan sebagai pembaca itu sendiri. Jadi pembaca diajak masuk ke dunia Raymond dan mi instannya?

    Setuju sih sama quotesnya. Deep :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm..mungkin ya aku juga ngerasanya begitu, sepertinya ini sengaja membuat seakan akan kalau tokoh "kamu" itu benar2 ada.

      Anyway, terima kasih sudah berkunjung balik :')

      Delete
    2. Ur welcome, semangat menuangkan ide-ide dan review bukunya <3

      Delete
    3. siap mba, you too! Terima kasih ya :')

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

About my Favorite Webtoon

Perfect Blue (1998): Bukan untuk Sembarang penonton