Pluto (2013)

Sutradara: Shin Su-Won

Penulis : Shin Su-Won

Tanggal rilis : 11 Juli 2013

Produksi : SH Film

Genre : Drama/Suspense-Thriller/Arthouse

Durasi : 107 menit


Pemain :

Lee David (Sebagai Kim Joon)

Sung Joon (Sebagai Yoo Jin Taylor)

Kim Kkot-bi (Sebagai Jung Soo Jin)



Sinopsis :
Yoo Jin (Sung Joon) ditemukan meninggal di gunung belakang sekolahnya. Joon (Lee David) menjadi tersangka utama karena ponselnya ditemukan di lokasi kejadian dan pernyataan teman teman memojokkannya. Joon kemudian dibebaskan karena kurang bukti.

Joon mencoba untuk bergabung dengan grup rahasia di sekolahnya, yang dipimpin oleh Yoo Jin. Grup rahasia tersebut beranggotakan top 1% di sekolah mereka. Rahasia kelam terungkap di balik klub ekslusif ini. (Asiawiki)

Ulasan Film
Apa yang kalian pikirkan tentang sekolah menengah di Korea Selatan? seragamnya yang lucu? Sekolahnya yang bagus? Siswa-siswi yang pintar? Pelajar yang tekun? Atau hal-hal lainnya? Ketahuilah bahwa di dalam film Pluto, sang penulis menjabarkan bagaimana sulitnya bersaing di sekolah menengah atas elit Korea Selatan, dan sekelompok siswa yang rela melakukan apa saja untuk mengungguli pesaingnya. Penulis dan sutradaranya sendiri adalah seorang mantan guru, yaitu Shin Su-Won.

Film ini memiliki unsur yang cenderung ekstrem, terdapat di beberapa adegan akan di jelaskan bagaimana pemerasan, kebrutalan, dan bahkan pembunuhan menjadi titik balik akan tekanan yang dialami oleh para tokoh yang ada. Alur yang terdapat dalam film adalah campuran- maju dan mundur, yakni kalian akan di perlihatkan di bagian-bagian mencapai akhir film adalah kunci jawaban penyebab dari kematian Yoo-Jin dan berikut rahasia yang disimpan oleh sekelompok siswa peringkat 10 teratas.

Seperti yang disampaikan pada sinopsis, bahwa Yoo Jin adalah ketua dari sebuah perkumpulan rahasia eksklusif yang meyimpan berbagai kejanggalan di sekolahnya, Joon yang begitu menginginkan dirinya untuk masuk ke Universitas unggulan, akhirnya ia menawarkan diri untuk masuk ke dalam klub rahasia tersebut dan agar mendapatkan nilai yang memuaskan serta mencapai cita-citanya masuk di Universitas impian. Ia bahkan belum mengetahui  bahwa ada rahasia kelam di balik klub itu, yang ia tahu hanyalah;  terdapat sebuah “catatan special”, karena itu Joon ingin menjadi salah satu anggota klub tersebut. Tapi gak semudah membalikkan telapak tangan dan gak bisa sembarang orang diizinkan masuk menjadi bagian anggotanya. Kenapa gak bisa?  Kalau kata Yoo Jin

“karena kau harus Gila”


Opini gue sih….
Nah. Udah penasaran belom sama filmnya? Gue sangat suka akting Sung Joon disini. Bisa gue bilang dia sangat cocok untuk memerankan sosok remaja dengan aura yang dingin dan misterius ala-ala cowok manga. Pas Yoo-Jin kasih tau alasan kenapa dia gak bisa kasih izin orang lain dengan sembarangan untuk masuk ke dalam kelompoknya adalah

gelap aja ganteng. Heran aku tuh :/


karena kau harus Gila. That part is killing me tho! Dan emang bener, jadi anggotanya harus gila, emang gila dan nekat!

Awalnya gue kira film ini bakalan sedikit surealis, berhubung dengan judulnya PLUTO. Ternyata itu hanya khayalan gue aja, film ini malah bener-bener realistis. Kejadian di mana persaingan untuk mendapatkan ranking teratas di sekolah menengah Korsel ternyata benar adanya. Gak sedikit juga drama/film korea yang memberi beberapa bocoran bahwa siswa-siswi Korea Selatan mati-matian belajar sampe mimisan atau bahkan bunuh diri pada akhirnya karena tekanan yang cukup berat selama menjadi pelajar disana.(walau tidak semuanya sanggup dengan bunuh diri)

Ada berbagai faktor lain juga, tekanan dari orang tua yang selalu menginginkan anaknya agar harus bisa masuk ke universitas top dengan jurusan yang mereka mau, padahal ya si anaknya gak ada bakat di bidang tersebut dan hanya malah “terpaksa” menururti kemauan orang tuanya. Tekanan yang lain? melihat peringkat dari teman-teman sekelasnya yang teratas, semakin rendahnya nilai akademik, tekanan akibat bullying, rendah diri, putus asa dengan kemampuan, sedikitnya waktu istirahat, dan lain sebagainya. Hal diatas juga dialami oleh si tokoh utama yaitu, Kim Joon.


Kenapa ya judulnya kok Pluto?
Gue masih mencari tahu, dan akhirnya ada penjelasan yang menjelaskan kebingungan gue. Pluto mengambil judulnya dari nama planet kesembilan yang mengorbit mengelilingi Matahari. Namun planet kecil ini jatuh ke kategori yang lebih rendah dan dinyatakan bukan lagi planet, berdasarkan standar baru yang ditetapkan para astronom 2006 lalu. Dalam film ini, perlambang itu dipakai untuk menggambarkan lingkungan sekolah yang beracun, dengan patokan kesuksesan yang ditentukan secara tidak adil. Sistem ini menciptakan dikotomi pemenang-pecundang yang menghargai siswa terpintar namun mengacuhkan siswa lainnya.  Jadi?gimana maksudnya?

Yang menarik lagi, interaksi antara Joon dan Yoo Jin terlihat dekat saat mereka berdua membicarakan mengapa planet Pluto dinyatakan bukan lagi sebuah planet. Namun, Joon menentang teori tersebut dengan analisanya, saat itu Yoo-Jin jadi sedikit membiarkan dirinya untuk berinteraksi dengan Joon persoalan Pluto. 

Gue gak mau cerita lebih jauh, takutnya jadi kelepasan. Karena film Pluto hanya berdurasi 1 jam lebih 45 menit. Sesuai ekspektasi gue, film ini memang bagus dan Must watch untuk kalian yang suka misteri remaja!



Link informasi :

Comments

  1. serem banget ya kehidupan anak remaja jaman sekarang. entah aku bakal sanggup nontonnya atau nggak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya kak, mesti extra hati2 utk generasi selanjutnyaa

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

About my Favorite Webtoon

Perfect Blue (1998): Bukan untuk Sembarang penonton