Mysthriller of the Month: Ep. 1 - Tayang Perdana!


Sesuai dengan target konten blog di awal tahun, saya memilih untuk membuat 1 segmen baru dalam blog. Segmen ini terlahir akibat kebosanan saya terhadap tulisan saya sendiri, yang rasanya kok begitu-begitu aja ya, tidak ada perkembangan dari segi keberagaman topik. Kemudian, sampailah pada keputusan terakhir, berhubung saya suka novel dan film bergenre misteri & thriller, sepertinya bakalan menarik kalau saya bikin segmen sejenis wrap up montlhly, tapi versi khusus genre misteri thriller aja 😁

Segmen baru ini saya beri judul >>

MYSTHRILLER OF THE MONTH a.k.a  Mystery Thriller of the Month

Buku / Film / Drama misteri dan thriller terbaik (periode perbulan). Supaya bervariasi dan tidak monoton, saya juga menambahkan media film/drama yang akan saya ikutsertakan dalam segmen ini, namun karena belum ada film atau drama misteri yang saya tonton selama bulan Maret, jadi saya hanya membahas buku bacaannya aja ^^


SELESAI BACA - MARET


JEJAK BALAK - AYU WELIRANG

Final rate :⭐⭐⭐ (3.75)


Deskripsi buku:
Penugasan pertama Dima Sawitri sebagai jurnalis di Kaba Jorong, membawa gadis itu pada kasus kematian dua pembalak liar.

Polisi menduga dua pembalak liar itu tewas akibat cakaran harimau yang fatal. Namun, selagi Dima menelusuri kasus tersebut bersama Timur, rekan kerjanya, korban tewas bertambah dan banyak bukti janggal yang muncul.

Tak hanya itu, investigasi mereka pun diadang kepolisian dan pihak perusahaan sawit, PT Zamrud Bumi. Santer terdengar bisik-bisik warga yang meyakini para korban tewas dibunuh inyiak—roh leluhur penjaga hutan yang berbentuk setengah harimau setengah manusia—yang marah karena para korban merusak hutan.

Namun, benarkah para korban tewas dibunuh inyiak?



PASIEN - NAOMI MIDORI

Final rate :⭐⭐⭐ 


Deskripsi buku:
Enam anggota keluarga pemilik toko bangunan ditemukan terbantai di rumah mereka.
Penyelidikan polisi menyimpulkan bahwa mereka saling membunuh karena perebutan
warisan.

Namun, bagaimana jika insiden tersebut adalah hasil campur tangan orang lain?



THE LIFE WE BURY - ALLEN ESKENS

Final rate :⭐⭐⭐
 (4.5)


Deskripsi buku :
Seorang gadis pemandu sorak dibunuh dengan kejam di sebuah gudang. Sang tetangga, Carl Iverson, seorang veteran Perang Vietnam, dijadikan tersangka dan divonis puluhan tahun penjara.

Tiga puluh tahun kemudian, Joe Talbert, seorang mahasiswa, mendapat tugas untuk menuliskan biografi seseorang. Dia berencana mencari narasumber dari panti jompo, tapi siapa sangka dia malah bertemu Carl, sang pembunuh yang tengah sekarat karena kanker pankreas?

Kesempatan untuk mewawancarai Carl adalah tantangan yang tidak akan Joe lewatkan. Namun, tidak ada penjahat yang mau mengaku. Carl pun begitu. Sejujur apa seorang pria yang hampir mati? Bisakah Joe percaya?

Helai demi helai benang kebenaran terurai. Dalam perjalanan menguak peristiwa tragis dan menghadapi pertarungan hidup dan mati dengan iblis sesungguhnya dari masa lampau, Joe juga harus menghadapi masa sekarangnya yang kacau balau. Sebelum semuanya terlambat, mampukah Joe melewati semuanya dengan selamat?



CARMINE - RUWI MEITA

Final rate :⭐⭐⭐ (4.5)


Deskripsi buku :
Rasa sakit itu seperti hantu.
Semu.
Tidak nyata.
Tapi ada.

“Datanglah, Carmine. Jemput anak-anakmu.”
Anak-anaknya dalam bahaya. Dia harus bergegas, sebelum wanita itu “menidurkan” mereka.
“Aku akan menolongmu, Carmine. Aku akan memperbaikimu.”



Oke, sekarang kita akan masuk ke sesi yang paling ditunggu yaaaa ><
Penilaian yang saya berikan terhadap buku yang menjadi "the best book" merupakan penilaian yang subjektif.






BEST MYSTERY ✨




Yes! The Best Mystery Book of this Month jatuh kepada The Life We Bury by Allen Eskens. Dan saya senang banget karena ini pertama kalinya membaca karya beliau, saya jadi penasaran dengan buku nya yang lain.

Saya sangat menikmati saat-saat membaca buku ini,mengikuti perjalanannya Joe Talbert dalam mengusut kasus pembunuhan 30thn silam. Buku ini sangat berhasil membuat saya memasuki dunia cerita yg dibangun oleh Penulis. The Life We Bury, bukan sekadar novel misteri biasa, bukan sekadar novel pembunuhan semata, saya pikir penulis ingin pembacanya merenungkan aspek lain dalam buku ini, terutama melalui POV Joe Talbert. Kisah masa lalunya dengan si kakek kesayangan, family issue yg dialaminya, begitupula dengan masa lalu kelam yang terjadi pada Carl Iverson, hingga ia merasa dirinya memang pantas dihukum seumur hidup. Penulis dapat meramu ceritanya dengan apik. Melalui latar belakang kisah yang berbeda, namun sebab akibat permasalahan yang dialami oleh 2 tokoh utama kita memiliki akar yang sama, yaitu perasaan bersalah atas peristiwa masa lalu. 

Plot ceritanya rapih, gaya bercerita penulis tidak membosankan, alurnya cepat, terjemahannya udah oke apalagi cover bukunya❣️.Meskipun untuk ending, tergolong agak klise sih, tidak ada yang spesial banget dan tertebak, tapi saya suka momen ketika pelaku pembunuhan yang asli terungkap di depan mata Joe .... eng ing eng.... ..ini bagian paling bikin dag dig dug!!πŸ˜³πŸ˜†


KEKURANGAN BUKU ?

  • Motif pelaku pembunuhan kurang ditonjolkan dalam cerita, apakah ada historical di masa lalu yang menyebabkannya melakukan pembunuhan dengan cara "membakar" ?
  • Tidak ada POV yang diceritakan langsung oleh Carl Iverson (terduga tersangka pembunuhan 30 thn lalu), yang menyebabkan kisahnya di masa lalu terasa kurang mendalami dan emosinya gak begitu menyentuh. Padahal pengalamannya Carl di masa lalu cukup menarik jika bisa diceritakan langsung melalui POV nya.

REKOMENDASIKAN UNTUK ?

Teman-teman, semua pecinta misteri. Novel ini sangat layak dicoba!!





BEST THRILLER✨



Bukan Ruwi Meita nama nya kalo gak bikin saya ketar-ketir selama membaca. Bukan Ruwi, kalau di buku gak ngebahas soal perempuan dan trauma masa kecil. Tak terkecuali adalah novel Carmine. Melalui buku-bukunya, Mba Ruwi juga berusaha membahas isu-isu sosial, rumah tangga, sampai kesehatan mental, khsusunya dari pihak perempuan, dalam hal ini sosok perempuan selalu menjadi tokoh sentral dalam karya-karyanya.

Carmine dan Mirah adalah salah dua diantara banyaknya perempuan yang harus menanggung ekspektasi, tekanan dan bertahan menjalani perannya sebagai sosok ibu sekaligus istri. Meski keduanya memiliki nasib dan sifat yang sangat berbeda, namun sosok Carmine juga menyimpan duka pasca pernikahannya dengan sang suami. 

Ramuan cerita yang pas, alur dan plotnya rapih bangettt! Elemen thrillingnya juga terasaaaa mengalir sepanjang cerita, terutama saat POV bergulir melalui kisahnya Mirah di masa kecil, euuuuh ngilu, Mba Ruwi juara banget deh. Bahkan prolognya pun sudah menimbulkan perasaan ngeri dan sakit😐



KEKURANGAN BUKU ?

  • Anti-klimaks di akhir kurang "clear", endingnya klise / pasaran dan tertebak


BEST PART THRILLING FROM CARMINE ?

  • Prolog & masa kecil nya Mirah
  • Semua tentang Mirah dan ibu nya
  • Obsesi Mirah terhadap kancing (aduuh bayanginnya aja merinding sendiri)

REKOMENDASIKAN UNTUK ?

PENYUKA DAN PECINTA THRILLER!! Kalian wajib memasukkan buku ini ke dalam daftar bacaan kalian, khusunya teman-teman penggemar Mba Ruwi! Kalau kamu belum baca Carmine, kamu rugi bangettt. 


!! TRIGGER WARNING

Cukup banyak adegan mengganggu dalam novel Carmine; detail kekerasan fisik.




 REKOMENDASI KARYA LAIN DARI PENULIS✍





πŸ’¬

Sekian episode perdana dari segmen baru Mysthriller of the Month bulan Maret. Sebenernya ini telat banget sih baru bisa bikin tulisannya di pertengahan bulan, tapi tak mengapa, yang penting aku sudah bisa melenyapkan rasa malas menulisku di penghujung akhir liburan lebaran kemarin 😌

OK.... ini saatnya kamu yang bercerita, novel/film/drama misteri dan thriller apa yang menjadi favoritmu di bulan Maret? Dan kenapa? Jangan sungkan untuk sharing di kolom komentar ya ^^



See u on the next episode ~ 



*Info lanjut tentang perjalanan Reka bersama buku-buku bacaannya? Kunjungi langsung akun Goodreads dan The Story Graph dengan username @hllreka :),



let's be friend with me on instagram πŸ“š >>


Comments

  1. Mbaaaa menarik semuaaaa 😍😍😍. Dan aku belum baca. Mau cari di aplikasi tp kayaknya hrs yg berbayar yaa. Ipusnas ga ada πŸ˜„. Nanti deh, abis selesai baca buku2 yg skr dulu. Buku2 ruwi meita ini menarik seperti nya yaa. Di ipusnas banyak bukunya, tp yg Carmine ini ga ada. Ntr mau baca juga deh bukunya yg lama2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kak Fanny...sayangnya, The Life We Bury dan Carmine belum ada di aplikasi ebook gratis Kak. Kemarin aku beli semua di google play books, lumayan lagi ada diskon semua ><

      SUMPAH iya Kak Fanny mesti baca Carmine!! semua bukunya Mba Ruwi Meita mesti kk coba baca *maksa* 😁😁

      Delete
  2. Aku paling penasaran sama Pasien . Karena reviewnya beragam banget. Ditambah ini karya penulis yang cukup mumpuni. Kalau Jejak Balak udah ada di TBR tapi belum sempet kebaca. Semoga bisa segera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belakangan ini novel thriller lokal lagi populer Kak, salah satunya Pasien, emang gak heran sih banyak yg bilang novel ini kereeen, dan rekomen.

      Jejak balak wajib masuk WL reading, ini juga gak kalah bagus dan menarikkk πŸ˜‰

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

About my Favorite Webtoon

Perfect Blue (1998): Bukan untuk Sembarang penonton