Forgotten (2017)

ON REVIEW - MOVIE 

Sutradara & Penulis : Jang Hang-Joon
Produser : Park Joon-Sin
Produksi : B.A. Entertainment
Tanggal rilis : 29 November 2017 (Korea Selatan)
Genre : Mystery-Thriller
Durasi : 109 menit

                                          

“When his abducted brother returns, 
seemingly a different man with no memory of the past 19 days,

 Jin-seok chases after the truth behind the mysterious kidnapping”


Pemain :
Kang Ha Neul (Sebagai Jin Seok)
Kim Moo Yeol  (Sebagai Yoo Seok)
Moon Sung Keun (Ayah Jin Seok & Yoo seok)
Naa Young Hee (Ibu Jin Seok & Yoo Seok)


Oke disini gue gak membahas detail para pemainnya, kalian bisa cari dengan lengkap lewat situs lain. Yang mau gue bahas disini adalah #review dan #opini.  Sebenarnya review udah disebutin di paling atas. But actually that is not over, Jin seok is not just chases after the truth behind the kidnapping his brother, totally not only that. Dalam gangguan yang dimilikinya, ada cerita yang bersembunyi dibalik ingatan yang menjadi petunjuk atas masa lalunya. 


Sinopsis
Awal cupllikan film  kalian akan disuguhkan dengan prolog , dimana Jin Seok mengalami sebuah mimpi yang membuatnya seolah seperti nyata, lalu tidak lama ia terbangun dan sudah mendapati dirinya di dalam sebuah mobil bersama dengan keluarganya. Sebuah keluarga yang baru saja mendapatkan rumah baru mereka. Keluarga kecil ini adalah Yaitu pemeran utama itu sendiri; Jin-seok (adik), Yoo Seok (kakak) dan kedua orang tua mereka. Jin seok sangat menyayangi kakaknya. Yoo Seok adalah sosok kakak yang selalu bisa diandalkan dan sangat berprestasi sehingga Jin Seok sangat mengagguminya. 

Kemudian di suatu hari, tidak lama setelah mereka pindah, Jin Seok yang sedang pergi keluar bersama kakaknya tiba-tiba mengalami insiden penculikan sang kakak. Dari kejadian itu Jin Seok dibuat cemas dan kaget ketika setelah sekitar 19 hari insiden penculikan, mendadak kakaknya telah kembali ke rumah dalam keadaan sehat, tetapi hal aneh terus mengikuti Jin Seok. Kejadian itu membuat Jin Seok semakin bingung, belum lagi ia melihat sikap Yoo Seok yang terlihat semakin aneh dan mencurigakan.


Impression
Untuk kalian para thriller psychology lovers, kalian wajib untuk memasukkan film ini kedalam list film maraton kalian. Gue sampai kehabisan kata untuk mendeskripsikan film Forgotten. Saat awal adegan gue merasa kalau film ini gak jauh-jauh dari kasus penculikan berkedok “psikopat”. Tapi ternyata tidak. Banyak plot twist di tengah-tengah film berlangsung. Pemeran utama Kang Han eul sangat cocok memainkan peran sebagai pria kalem yang memiliki penyakit neurasthenia, penyakit yang penderitanya mengalami kejadian secara berulang kali sehingga disebut sebagai halusinasi. 

Jin Seok harus meminum obatnya, jika tidak ia akan terus mengalami halusinasi. Bintang yang gue kasih buat Kang Han eul dalam peran ini adalah 4.7 bintang dari 5. Penghayatan, ekspresi dan emosi yang dia mainkan di film ini cukup sulit. Karena film ini bercampur antara lelaki normal yang menganggap ia bahagia bersama dengan keluarganya, dan tiba-tiba dia mendapati dirinya sebagai laki-laki tidak normal setelah insiden penculikan kakaknya. Perubahan mimik yang diberikannya membuat gue terkesan, dia sangat cocok berperan sebagai laki-laki yang “sakit”. 

Forgotten menyuguhkan adegan awal yang menceritakan tentang sosok Jin seok bersama keluarganya, lalu peristiwa demi peristiwa ganjil terjadi di hadapan Jin Seok yang akan menggiring kemana arah cerita ini bermuara.  

Selain sosok Jin seok, yang cukup menarik perhatian gue juga adalah tentunya sang kakak yaitu Yoo Seok. Sosoknya yang cukup keren dalam memainkan dua peran. Ketika cerita ini semakin mendekati ending, kalian akan diperlihatkan beberapa potongan kejadian yang menjelaskan apa yang sebenarnya telah menimpa kehidupan sosok Jin Seok. 


Jin seok yang cukup menderita. Baik di masa lalu dan di masa kini. Ia kerap menyangkal kenyataan, penderitaan dan peristiwa keluarganya. Sempat putus asa dan tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi, Yoo Seok - sosok yang misterius membantu "meringankan" ingatan di masa lalunya. 




Karena gue sudah cukup sering menonton film dengan genre misteri, psychology thriller ataupun detektif, tanpa di sadari gue langsung banyak membuat praduga sosok Jin seok dan keluarganya. Dari awal adegan gue udah berhipotesa kalau keluarga mereka di awal scene itu...., dan ternyata……(no spoiler). Endingnya, gue cukup puas tapi agak sedih juga. Film ini sempet membuat gue mengeluarkan reaksi yang “hah, waw, oh ternyata !!! oh jangan-jangan dia..? kayaknya Yoo seok ini..bla bla bla”. 

Cukup banyak kelebihan dalam film Forgotten, salah satunya selalu membuat gue menebak-nebak pada adegan apa yang akan terjadi selanjutnya, akting para pemain juga cukup memuaskan, alur cerita  plot twist sangat bagus, emosi para pemain membuat penasaran dan selalu di buat curiga. 

Ada sensasi tersendiri saat gue menyaksikan film ini. Dari semua film thriller atau gue gak tau mesti nyebut film ini dengan genre apa maybe mystery?, ya dari semua film mystery mungkin ini menjadi salah satu film yang membuat gue selalu ingat bagian-bagian di setiap adegannya.

Comments

Popular posts from this blog

Perfect Blue (1998): Bukan untuk Sembarang penonton

About my Favorite Webtoon